Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > Kilas Balik Jerih Payah Mutiara di AJC 2023 yang Terbayarkan
05 Agustus 2023
Kilas Balik Jerih Payah Mutiara di AJC 2023 yang Terbayarkan
 
 

Pada bulan Juli 2023 lalu, Mutiara Ayu Puspitasari menjadi salah satu atlet tunggal putri dari PB Djarum yang berlaga di Turnamen Asian Junior Championships (AJC) 2023. Perjuangan kerasnya membuahkan hasil gemilang dengan perolehan perak di kategori beregu dan emas di kategori perorangan. PB Djarum juga turut memberikan apresiasi berupa acara penghargaan untuk Mutiara di GOR Badminton Djarum, Kudus, pada hari Sabtu (5/7).

Melihat balik perjuangannya, awalnya Mutiara mengakui bahwa ia sebenarnya tidak memiliki target tersendiri di turnamen AJC tersebut.

Sebagai tunggal putri pertama, hal tersebut lumayan menjadi pressure tersendiri, karena saya akan selalu diprioritaskan untuk turun bertanding. Jadi, ketika kalah saat beregu melawan China, saya sempat down tetapi terus coba memotivasi diri untuk lebih semangat berjuang menjalani sisa-sisa pertandingannya,” kata Mutiara.

Situasi tidak menguntungkan di pertandingan Perempat Final AJC 2023 menjadi titik paling krusial dalam perjuangan Mutiara. Cidera otot paha yang tertarik membuat ruang geraknya terbatas. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan baginya untuk terus mempertahankan semangat juangnya. Ia memaparkan bahwa tempo permainannya terus turun dan tidak bisa bertahan lama-lama ketika menekuk kakinya saat melakoni laga melawan wakil China.

Kalau ada kata-kata lebih dari senang, itu bisa jadi gambaran situasi hati saya saat menang AJC 2023,” papar kepuasan Mutiara mengenai pengalamannya di AJC 2023.

Sebenarnya penghargaan dan apresiasi dari PB Djarum menjadi salah satu yang saya nanti juga, karena dulu hanya sering liat senior-senior mendapatkan bonus seperti itu. Hal tersebut menggelitik semangat juang saya juga untuk bisa terus berprestasi, walaupun tidak cukup untuk berorientasi terhadap hal tersebut saja,” tambah Mutiara.

Selanjutnya, target terdekat saya tentunya adalah gelar World Junior Championships 2023. Kalau jangka panjang, tentunya saya ingin cepat meluncur ke senior dan memberikan banyak kejutan dengan konsistensi yang akan saya pertahankan,” tegas Mutiara mengenai harapannya.

Acara apresiasi penghargaan Mutiara untuk perjuangannya di Asian Junior Championships 2023 diikuti pula dengan pengumuman hasil Audisi Umum PB Djarum 2023.