Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > [Audisi Umum PB Djarum 2024] Total 2.487 Peserta Mendaftar Audisi Tahun Ini Sigit Budiarto Berharap Mendapat Talenta Super
09 September 2024
[Audisi Umum PB Djarum 2024] Total 2.487 Peserta Mendaftar Audisi Tahun Ini Sigit Budiarto Berharap Mendapat Talenta Super
 
 

Antusias peserta Audisi Umum PB Djarum 2024 yang akan digelar pada 10-14 September, semakin meningkat. Sebanyak 2.487 peserta tercatat mendaftar secara online hingga batas akhir penutupan, Senin (2/9), pukul 23.59 WIB. Mereka bersiap untuk menunjukkan kemampuannya di hadapan para pencari bakat di GOR Djarum, Jati Kudus, Jawa Tengah.

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto menuturkan, jika ia dan timnya merasa senang dengan jumlah peserta yang setiap tahun terus meningkat. Ia pun berharap bisa mendapat talenta super.

Senang karena dari tahun kemarin ada penambahan. Berarti ekosistem bulu tangkis di Indonesia masih terjaga. Kami harapkan semakin banyak semakin bagus dan kemungkinan mendapat pemain berpotensi dengan talenta super semakin meningkat,” ungkap Sigit kepada tim Pbdjarum.org.

Tak hanya itu, dengan diikuti para peserta mulai dari Sabang sampai Merauke di audisi umum tahun ini, dinilai suatu yang menarik bagi Sigit.

Saya rasa suatu yang menarik. Tidak hanya dari pulau Jawa saja, tetapi dari luar pulau Jawa pun banyak yang ikut berkompoetisi untuk bisa menjadi atlet PB Djarum. Itu artinya perkembangan bulu tangkis di Indonesia mulai melebar dan semakin luas. Berarti bibit akan semakin banyak,” paparnya.

Tetapi itupun bakal menjadi tantangan bagi kami selaku tim Pencari Bakat yang harus ekstra keras menjaring bibit-bibit potensial,” tambahnya.

Sementara itu, sistem penilaian Audisi Umum tahun ini dirancang secara ketat untuk menjaring atlet berkualitas ‘super’ sesuai dengan kriteria yang diterapkan PB Djarum.

Adapun tahapan seleksi yang diterapkan tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tahap screening, jika sebelumnya seluruh peserta unjuk kemampuan bermainnya dan diberi waktu yang telah ditentukan oleh panitia, kali ini ditahap pertama tersebut peserta bertanding dengan sistem gugur.

Pertandingan berlangsung 1 game, hingga poin ke-21 (tanpa deuce/setting), peserta pindah/bertukar lapangan pada poin ke-11. Peserta yang menang di tahap Screening hingga babak 64 besar untuk putra dan 32 besar untuk putri berhak masuk ke tahap turnamen.

Pertimbangannya mengubah sistem tahap screening, karena jika dengan pertandingan yang langsung 21 poin anak-anak bisa lebih maksimal karena memang berkompetisi. Inipun hasil evaluasi dari tahun sebelumnya karena tak sedikit yang bertanya ‘Anak saya menang, kok tidak masuk ke tahap turnamen?’. Dengan penuh pertimbangan akhirnya kami putuskan untuk menggunakan sistem baru ini untuk tahap screening,” ungkap Sigit.

Kemudian di tahap turnamen, pertandingan berlangsung dengan sistem gugur. Untuk Putra, yang lolos hingga babak semifinal secara otomatis mendapatkan Super Tiket dan masuk ke tahap Karantina. Bagi Putri yang lolos ke babak final otomatis mendapatkan Super Tiket dan masuk ke Tahap Karantina.

Tak hanya itu, para peserta yang belum berhasil di tahap turnamen, masih berkesempatan melaju ke tahap karantina lewat Super Tiket tambahan. Peserta pilihan tim pencari bakat akan mendapatkan Super Tiket tambahan, dan masuk ke Tahap Karantina. Keputusan tim pencari bakat tidak dapat diganggu gugat.

Diharapkan Sigit, para peserta Audisi Umum PB Djarum 2024 yang akan berjuang mulai besok, bisa tampil makismal.

Harapan saya buat para peserta dari awal harus mempersiapkan diri dengan pemanasan yang bagus. Pada saat diberi kesempatan perlihatkan kemampuan secara maksimal,” pungkas Sigit. (AH)