Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Melihat Keberhasilan Candra/Sigit di Ajang Thomas Cup
29 September 2020
Melihat Keberhasilan Candra/Sigit di Ajang Thomas Cup
 
 

Berbicara soal pasangan ganda putra bulutangkis Candra Wijaya/Sigit Budiarto memang cukup menarik. Mereka adalah salah satu mantan ganda putra terbaik Tanah Air yang mempunyai banyak prestasi gemilang semasa kejayaannya.

Tak hanya memiliki catatan sebagai juara dunia pada tahun 1997 yang berlangsung di Glasgow, Candra/Sigit juga mempunyai prestasi gemilang di ajang turnamen beregu Thomas Cup. Mantan pasangan nomor satu dunia ini sukses meraih tiga kali juara Thomas, yaitu tahun 1998 di Hong Kong, tahun 2000 di Malaysia, dan terakhir tahun 2002 di China.

Pada Thomas Cup 1998, bahkan kemenangan Indonesia dipastikan lewat Candra/Sigit. Turun di partai keempat pada saat final melawan Malaysia, Candra/Sigit sukses mengalahkan Lee Wan Wah/Choong Tan Fook dengan skor 15-11 dan 15-12.

Di tahun 2000, Chandra/Sigit yang kembali menjadi ganda kedua batal tampil di final. Pasalnya Indonesia sudah lebih dulu unggul 3-0 atas China. Hal tersebut menjadikan Indonesia meraih kemenangan tanpa memainkan partai keempat dan kelima.

Terakhir pada tahun 2002, Chandra/Sigit kembali menjadi pahlawan bagi tim Thomas Indonesia. Turun sebagai ganda pertama, mereka berhasil menyumbang poin kemenangan di final usai mengalahkan wakil Malaysia, Chan Chong Ming/Chew Choon Eng dengan skor 7-3,  7-4, dan 7-2. (ah)