Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Perang Saudara di Semifinal
30 April 2011
Perang Saudara di Semifinal
 
 

Jakarta - Indonesia memastikan satu tempat di partai puncak India Open Super Series 2011 di New Delhi. Hal ini terjadi setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan bersua dengan kompatriotnya, Muhammad Rijal/Debby Susanto di semi final. Indonesia sendiri bahkan berpeluang untuk menciptakan all Indonesian final setelah Fran Kurniawan/Pia Zebadiah juga berhasil memastikan akan berlaga pada hari Sabtu (30/4).

Tontowi/Liliyana mampu melaju ke empat besar setelah menumbangkan pasangan yang juga berasal dari Indonesia, Nova Widianto/Vita Marissa. Tontowi/Liliyana tertinggal 17-21 di game pertama, setelah beberapa kali pasangan unggulan 7 itu harus kehilangan angka dari kesalahan di depan net. Namun, dengan bekal stamina yang lebih prima membuat mereka bisa menguasai dua game berikutnya. Menang 21-12 di game kedua, mereka menghantam telak Nova/Vita dengan 21-9.

Sementara Rijal/Debby menghentikan langkah kejutan ganda asal Jepang, Shoji Sato/Shizuka Matsuo dengan pertarungan tiga game. Rijal/Debby berhasil mencuri game pertama tanpa basa basi dengan 21-8. Memasuki game kedua, lawan sepertinya sudah mulai beradaptasi dengan lapangan dan permainan perempat finalis Djarum Indonesia Open Super Series 2010 itu. Angka kembar terjadi hingga poin ke lima, tetapi kemudian Rijal/Debby malah kehilangan lima angka berturut-turut dan tertinggal 7-13, lalu akhirnya menyerah 15-21.

Game ketiga berlangsung lebih menegangkan, bagaimana tidak? Kedua pasangan ini saling ngotot untuk bisa menembus babak semifinal. Alhasil, kejar mengejar angka pun tak terelakkan. Tertinggal 8-10, Rijal/Debby berhasil meraih tiga angka berikutnya untuk berbalik unggul 11-10 dan bertukar lapangan. Setelah itu, mereka bergantian meraih poin dan mematikan lawan. Perburuan poin seperti ini pun terjadi hingga skor 19-19, dan dewi fortuna berpihak pada pasangan Indonesia. Mereka berhasil meraih match point dan menuntaskannya dengan 21-19.

Sementara Fran/Pia hanya membutuhkan waktu 24 menit saja untuk menyudahi perlawanan Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai. Mereka menang dua game langsung atas pasangan Thailand itu dengan 21-15 dan 21-10. Di semifinal, Fran/Pia akan bersua Soon Chan Peng/Liu Ying Goh (Malaysia) yang sukses mengirim pulang unggulan dua, Songpon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul (Thailand) dengan 21-13 dan 21-16.

Menilik catatan pertemuan antara Fran/Pia dengan ganda campuran asal Malaysia itu, Fran/Pia berpeluang besar untuk bisa menciptakan all Indonesian final. Mereka unggul 3-0 atas perjumpaannya dengan ganda rangking 23 dunia itu. Pertemuan terakhir kedua pasangan ini terjadi pada awal 2011 lalu di babak pertama Malaysia Open Super Series 2011, dimana mereka unggul 21-16, 16-21 dan 21-18. (IR)