Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Nova/Liliyana Ke Perempat Final
27 Agustus 2010
Nova/Liliyana Ke Perempat Final
 
 

Nova Widhianto/Liliyana Natsir memperpanjang catatan kemenangannya atas ganda Korea, Yoo Yeong Seong/Kim Min Jung. Pertemuan terakhir keduanya terjadi tahun lalu pada Djarum Indonesia Open Super Series dimana pada kala itu, Nova/Liliyana berhasil bermain straight game dengan 21-17 dan 21-17.

Head to head keduanya adalah 4-0 untuk ganda kebanggaan Indonesia ini, dan mereka berhasil membuatnya menjadi 5-0 serta memastikan satu tiket ke perempat final kejuaraan dunia yang berlangsung di Stade Pierre de Courbutin.

nova - liliNova/Liliyana memimpin sejak awal game pertama dengan 11-9 di interval, tetapi kemudian berhasil disamakan oleh ganda yang berangking 30 dunia tersebut diangka 12. Malah mereka sempat tertinggal 16-17, sebelum bisa menutup game pertama ini dengan 21-17.
Game kedua, Nova/Lili seperti tak bisa mengeluarkan permainan terbaiknya, tertekan di awal game kedua dengan 2-7, mereka terus tertinggal hingga jeda dengan 4-11. Sampai akhirnya mereka terhenti di angka 13, dan game kedua ini menjadi milik rival mereka.
Game penentuan, berlangsung lebih seru. Perkembangan permainan pasangan Korea ini sepertinya cukup impresif, mereka kalah telak di pertemuan pertama, tetapi di pertemuan di Paris itu, Nova/Lili malah nyaris tak lolos.

Memimpin 11-7 untuk bertukar lapangan, tetapi kemudian keadaan berbalik saat juara dunia dua kali ini memimpin 13-10, mereka kehilangan tiga angka berturut-turut, dan malah berbalik tertinggal 14-16. Keadaan bertambah semakin menegangkan saat mereka tertinggal 15-18. Tetapi berkat jam terbang dan mental juara, mereka berhasil meraih empat angka berikutnya, 19-18, dan memastikan tiket ke babak perempat final dengan 21-19.

Di perempat final mereka akan ditantang oleh the rising pair asal China yang baru dipasangkan kurang dari dua tahun, Zheng Bo/Ma Jin yang merupakan peraih gelar jawara Ganda Campuran Djarum Indonesia Open Super Series 2009 lalu. Zheng/Ma berhasil menghentikan perlawanan unggulan 14 asal Thailang, Sudket Prapakamool/Saralee Thoungthongkam dengan 21-19 dan 21-15.

Sementara itu, pasangan Indoensia lainnya, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa harus pulang ke tanah air setelah mereka terpaksa harus mengundurkan diri dari pertarungan melawan ganda China, Tao Jiaming/Zhang Yawen. Tertinggal 16-21 di game pertama, Hendra/Vita harus berhenti saat kedudukan 10-15.

“Hendra cedera angkle,” jelas Vita Marissa singkat.

Dengan demikian, harapan Indonesia tinggal tergantung pada Nova/Liliyana.