Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Putri Djarum ke Semi Final
18 Desember 2010
Putri Djarum ke Semi Final
 
 

Ana RovitaFransiska Ratnasari dan Ana Rovita, dua pemain tunggal putri asal PB Djarum melangkah ke babak semifinal pada kejuaraaan bulutangkis India Open Grand Prix 2010. Nana, panggilan akrab Fransiska Ratnasari yang menjadi unggulan ke lima menghempaskan wakil dari Thailand yang tersisa Prajongjai Rawinda dengan 21-12, 21-13. Ana Rovita tak mau kalah. Ana berhasil menjadi satu dari empat pemain yang berlaga di semifinal. Babak perempat final dilalui Ana dengan menundukkan Neha Pandit yang berasal dari India dengan 21-10, 21-9. Harapan meraih gelar tunggal putri cukup terbuka. Nana akan melangsungkan babak semifinal pada sabtu [18/12], dengan pemain India Sindhu Pusarla Venkata. Bagi keduanya ini merupakan pertemuan pertama diantara mereka berdua. Jika dilihat dari peringkat dunia, peluang Nana lebih terbuka. Nana saat ini memiliki peringkat 44 dunia, sementara lawannya berperingkat 159 dunia. Tugas berat dipikul Ana Rovita. Ana yang berperingkat 95 dunia harus bertemu dengan salah satu kekuatan China, Zhou Hui di babak semifinal. Pemain china ini cukup berbahaya. Beberapa pemain Indonesia seperti Linda Weni Fanetri, Aprilia Yuswandari pernah menjadi korbannya termasuk Belaetrix Manuputy yang dikalahkannya di babak perempat final kemarin.

Di barisan tunggal putra, Indonesia tinggal menyisakan dua pemain di babak semifinal. Harapan besar tetap ada pada Diyonisius Hayom Rumbaka yang menjadi unggulan utama tunggal putra. Kemarin Hayom bermain cemerlang. Andalan tuan rumah Aditya Elango dikalahkannya dengan 21-13, 21-8. Sementara itu Alamsyah Yunus Turut mendampingi Hayom ke babak semifinal. Alamsyah menghentikan sisa pemain China yang ada, yakni Chen Yuekun dengan 21-18, 21-13. Laga semifinal akan mempertemukan Hayom dengan Kashyap P dan Alamsyah Yunus dengan Suppanyu Avihingsanon dari Thailand. Bagi Hayom, ia mempunyai satu modal kemenangan dari Kashyap P dari kejuaraan Jaypee cup Syed Modi Memorial India Grand Prix 2009 lalu.

Ahsan dan BonaJatah dua tiket semifinal ganda putra sudah berada di genggaman Indonesia sejak babak perempat final. Kemenangan akhirnya direbut dua pasangan yang diunggulkan pada kejuaraan ini. Unggulan kedua Mohammad Ahsan/Bona Septano menghentikan pasangan Yoga Ukikasah/Joko Riyadi dengan 21-9, 21-14 dan unggulan ke empat Ricky Karanda/Agripina Prima menahan laju pasangan yang lebih senior di Pelatnas Fernando Kurniawan/Hendra Setyo Nugroho dengan 21-19, 21-17. Tugas berat berada pada pundak pasangan berperingkat 109 dunia, Ricky Karanda/Agripina Prima. Unggulan utama asal Malaysia Gan Teik Chai/Tan Bin Shen akan menjadi lawan mereka di babak semifinal. Di paruh undian bawah, Mohammad Ahsan/Bona Septano mendapat tugas lebih ringan. Juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 ini akan bertemu pasangan dari Singapura yang tidak di unggulkan, yakni Hendri Kurniaiwan Saputra/Chayut Triyachart.

Bagi pasangan ganda putri Indonesia, Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni partai semifinal akan menjadi partai balas dendam mereka dengan pasangan China Huan Xia/Tang Jinhua. Keduanya pernah sekali bertemu pada kejuaraan Yonex Sunrise India Open 2009 lalu. Saat itu pasangan Indonesia kalah straight set. Sebelumnya Anneke/Annisa pada babak perempat final mengalahkan pasangan Thailand Savitree Amitapai/Sonsri Nessara dengan 21-16, 21-18. Satu tempat semifinal dipastikan direbut oleh Della Destiara Haris/Suci Rizky Andini. Unggulan kedua ini di babak perempat final unggul jauh dari pasangan India Anjali Kalitha/Dhanya Nair dengan 21-12, 21-11. Della/Suci akan di tantang pasangan Malaysia Ng Hui Ern/Ng Hui Lin di babak semifinal.

Di ganda campuran, harapan Indonesia untuk meraih gelar pupus. Dua pasang ganda campuran Indonesia menyerah di babak perempat final. Devin Lahardi Fitriawan/Shendy Puspa Irawati yang di babak kedua bermain luar biasa, kemarin terlambat panas. Pasangan yang baru digabungkan ini menyerah dari pasangan Malaysia Gan Teik Chai/Ng Hui Lin dengan 8-21, 21-23. Unggulan ke empat Irfan Fadillah/Weni Anggraeni pun harus mengakui pasangan China Liu Pexian/Tang Jinhua dengan 13-21, 13-21. (AR)

Hasil Pertandingan  India Open Grand Prix