Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Kilas Balik Sudirman Cup 1991] Indonesia Hampir Pertahankan Gelar
11 September 2021
[Kilas Balik Sudirman Cup 1991] Indonesia Hampir Pertahankan Gelar
 
 

Turnamen beregu Sudirman Cup 2021 akan segera berlangsung di Vantaa, Finlandia, pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang. Indonesia sendiri seperti menjadi unggulan ketiga di bawah Tiongkok yang ada di posisi pertama dan Korea di posisi kedua.

Sejauh diselenggarakannya ajang dua tahunan ini, Indonesia sendiri baru meraih gelar juara pada tahun 1989 atau pertama kalinya Sudirman Cup digelar. Kala itu tim merah putih sukses meraih Piala Sudirman usai mengalahkan Korea 3-2 dihadapan publik Istora Senayan, Jakarta.

Indonesia sebenarnya hampir menjadi juara bertahan di gelaran kedua Sudirman Cup 1991 yang kala itu berlangsung di Copenhagen, Denmark. Dimotori oleh atlet tunggal putra besutan PB Djarum, Ardy B Wiranata, tim merah putih kala itu tergabung di dalam Grup A bersama Tiongkok dan Swedia.

Perjalanan mulai dari babak penyisihan grup Indonesia cukup sukses dengan mampu mengantongi kemenangan atas Swedia dengan 4-1, dan juga kemenangan atas Tiongkok 3-2. Hasil itu pun membawa tim merah putih ke semifinal dengan bekal sebagai juara grup.

Di semifinal, Indonesia berhadapan dengan runner up Grup B, Denmark. Tak mudah bagi Indonesia kala itu untuk bisa meraih tiket final. Mereka harus bertanding ketat hingga akhirnya memenangkan pertandingan dengan 3-2. Tiket final pun didapatkan Indonesia kala itu.

Pertarungan sengit tersaji di partai puncak saat kembali menghadapi Korea. Pada partai pertama, ganda campuran Indonesia, Erma Sulistyaningsih/Rudy Gunawan, kalah 3-15 dan 7-15 dari Chung Myung-hee/Park Joo-bong dan menjadikan Indonesia tertinggal sementara 0-1. Beruntung, pada partai kedua, tunggal putra, Ardy, menang 15-1 dan 15-5 atas Lee Kwang-jin dan menjadikan skor sementara imbang 1-1.

Pertandingan klasik dan menegangkan tersaji di partai ketiga tunggal putri yang mempertemukan Susy Susanti kontra Bang Soo-hyun. Di game pertama Susy harus kalah lebih dulu 2-11. Namun, Susy mampu bangkit dan akhirnya menang pada dua game selanjutnya 11-6 dan 11-6. Indonesia pun mampu membalikkan keadaan dan unggul sementara menjadi 2-1 atas Korea. Sayangnya, dua partai selanjutnya, dua wakil Indonesia yaitu ganda putri Rosiana Tendean/Erma Sulistyaningsih dan ganda putra Eddy Hartono/Rudy Gunawan, harus menelan kekalahan dari lawan-lawannya. Kekalahan tipis 2-3 harus diterima oleh tim Indonesia. (ah)

Sumber foto: https://alchetron.com

Baca selengkapnya: https://www.indosport.com/raket/20191006/apa-kabar-ardy-b-wiranata-tunggal-putra-indonesia-yang-kini-di-kanada