Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > 52 Tahun PB Djarum Mencetak Atlet Berprestasi
28 April 2021
52 Tahun PB Djarum Mencetak Atlet Berprestasi
 
 

Hari ini, Rabu (28/4) klub bulutangkis terbesar di Indonesia, PB Djarum genap berusia 52 tahun. Klub yang bermarkas di Kudus dan di Jakarta ini, tak henti-hentinya melahirkan pebulutangkis handal Indonesia yang mampu bersaing di level dunia.

Tentu, berbagai rintangan hingga pencapaian membanggakan telah banyak dilewati oleh klub yang berdiri pada tanggal 28 April 1969 di Kudus, Jawa Tengah itu.

Sedikit kisah nostalgia tentang awal mula didirikannya PB Djarum 52 tahun lampau oleh Robert Budi Hartono. Ada sebuah fragmen menarik diceritakan Robert Budi Hartono tentang air mata yang turut mewarnai periode awal berdirinya PB Djarum.

Sekitar tahun 1971, dalam sebuah kejuaraan lokal di Kudus, Budi Hartono melihat seorang lelaki muda berusia 15 tahun menangis di anak tangga pojokan gedung. Lelaki muda itu menangis karena baru saja kalah bertanding. Kepadanya, Budi Hartono memberikan nasehat agar tak putus asa. Bahkan ia juga menawarkan lelaki muda ini untuk ikut bergabung dan berlatih di PB Djarum.

Kini, sosok anak muda berlinang air mata itu kita kenal sebagai Liem Swie King, seorang legenda bulutangkis Indonesia dengan prestasi gemilang di level dunia.

Setelah era King, PB Djarum secara terus menerus melahirkan regenerasi berprestasi seperti Sigit Budiarto, Maria Kristin Yulianti, Liliyana Natsir, dan hingga saat ini ada Kevin Sanajaya Sukamuljo yang menduduki peringkat pertama ganda putra dunia bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideon.

Semoga PB Djarum bisa terus konsisten dan terus melahirkan regenerasi pebulutangkis handal, untuk #BersamaRaihJuara. (ah)