Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Indonesia Tempatkan Wakil di Semua Nomor Semi Final
12 Juni 2010
Indonesia Tempatkan Wakil di Semua Nomor Semi Final
 
 

Harapan untuk mendulang gelar juara pada kejuaraan bulutangkis India Open Grand Prix Gold 2010 semakin terbuka. Pemain-pemain Indonesia berhasil menempatkan diri pada babak semifinal di seluruh yang dipertandingkan.

Di ganda putra, Afiat Yuris Wirawan/Rendy Sugiarto menjadi satu-satunya pasangan yang berhasil melenggang ke babak semifinal. Pada babak semifinal Afiat/Rendy mengalahkan Mochamad Rizki Delynugraha/Rijal Muhammad dengan 21-10, 21-16. Selanjutnya di babak semifinal mereka akan menantang pasangan tuan rumah yang di unggulan di posisi kedua, Kumar K.T. Rupesh/Thomas Sanave pada babak semifinal.

Pasangan ganda campuran Riky Widianto/Jena Gozali mampu membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan kedua asal Australia Renuga Veeran/Raj Veeran dengan 21-9, 21-13. Kesuksesan mereka maju ke semifinal berimbas kepada pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto. Unggulan ke empat ini di babak perempat final mengalahkan pasangan tuan rumah, Ponnappa Ashwini/Kona Tarun dengan 21-9, 21-16. Bagi Muhammad Rijal/Debby Susanto, tiket menuju ke babak final semakin terjal karena pada babak semifinal telah menunggu unggulan utama Gutta Jwala/Valiyanti Diju. Sementara itu Riky Widianto/Jena Gozali bertemu dengan pasangan asal Singapura Yao Lei/Triyachart Chayut.

Kejutan kembali dibuat pemain Indonesia. Kali ini pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Suci Rizki Andini yang membuat kejutan. Unggulan ketiga asal tuan rumah India, Balan Aparna/Kurien Shruti takluk ditangan mereka dengan 15-21, 21-10, 21-11. Della/Suci menjadi satu-satunya pasangan non unggulan yang berhasil melaju hingga babak semifinal. Unggulan ke empat Keshya Nurvita Hanadia/Dewi Komala juga menempatjan diri di babak semifinal. Polavarapu Jyotsana/Gadre Pradanya dari India mampu dikalahkannya dengan 21-15, 21-9. Di babak semifinal kedua pasangan Indonesia ini harus menghadapi unggulan teratas. Yao Lei/Shinta Mulia Sari yang diunggulkan di tempat teratas akan berebut tiket ke babak final dengan Della Destiara Haris/Suci Rizki Andini sementara Keshya Nurvita Hanadia/Dewi Komala akan menantang unggulan kedua, Ponappa Ashwini/Gutta Jwala.

Dua tunggal putri Indonesia juga berhasil menyodok hingga babak semifinal. Di pool atas, Aprilia Yuswandari sukses memetik kemenangan atas pemain Australia, Renuga Veeran dengan 21-9, 21-6. Di pool bawah Linda Weni Fanetri menang dari pemain Singapura, Gu Juan 21-9, 21-17. Kedua pemain lapis kedua Indonesia ini harus berjibaku dengan dua unggulan teratas dalam usahanya menuju babak puncak. Aprilia Yuswandari akan menantang unggulan utama, Saina Nehwal sementara Linda Weni Fanetri kembali harus bertemu unggulan kedua, Wong Mew Choo. Pertemuan mereka kali ini merupakan pertemuan yang kedua. Pada Malaysia Open Super Series 2010 lalu, Linda Weni Fanetri kalah straight set.

Langkah satu-satunya pemain tunggal putra, Alamsyah Yunus semakin tak terbendung. Kali ini unggulan ke lima, Aravind Bath asal India dikalahkannya dengan 21-19, 21-19 di babak perempat final. Di babak semifinal, juara Sirkuit Nasional Jakarta 2010 ini di kepung oleh pemain-pemain tuan rumah. Alamsyah menjadi satu-satunya pemain non India yang bertahan hingga babak semifinal. Unggulan utama Chetan Anand akan menjadi lawannya.

Jenna Gozali/Variella Aprilsasi Putri Lejarsari hampir saja membuat kejutan saat menghadapi unggulan kedua Ponappa Ashwini/Gutta Jwala. Sayangnya mereka tidak mampu mempertahankan permainan. Menang di set pertama dengan 21-17, namun dua set berikutnya Juara Sirkuit Nasional Jakarta 2010 ini kalah dengan 14-21, 13-21. Nasib kurang menguntungkan juga dialami oleh Berry Angriawan/Muhammad Ulinnuha. Pasangan ini kalah dari unggulan keempat dari Singapura, Triyachart Chayut/Bawa Chrisnanta Danny dengan 18-21, 12-21. Kekalahan juga diderita pasangan ganda putri Debby Susanto/Richi Puspita Dili saat menghadapi unggulan utama Yao Lei/Shinta Mulia Sari dengan 13-21, 16-21. (AR)