Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Kilas Balik 2020] Kevin Tetap Bertahan di Peringkat Satu Dunia
14 Desember 2020
[Kilas Balik 2020] Kevin Tetap Bertahan di Peringkat Satu Dunia
 
 

Pandemi Covid 19 masih juga belum sirna di muka bumi. Akibatnya, banyak jadwal olahraga berantakan dibuatnya. Bulutangkis menjadi salah satu cabang olah raga yang terkena dampaknya. Praktis tidak banyak turnamen di tahun 2020 yang bisa digelar oleh badan bulutangkis dunia (BWF).

Pebulutangkis spesialis ganda asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo pun hanya bisa mengikuti beberapa turnamen saja di tahun 2020. Alih-alih menghindari terinveksi virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, Kevin dan pasangan tetapnya, Marcus Gideon Fernaldi hanya mengikuti empat turnamen resmi saja. Tiga turnamen perorangan, satu turnamen beregu. Hasil yang didapat pun tidak terlalu mengecewakan. Ia bisa menggondol satu gelar juara dan satu runner up dari nomor perorangan. Sementara di beregu, Kevin dan Marcus menjadi andalan Indonesia saat menjadi juara di kejuaraan beregu Asia.

Kevin memulai tahun 2020 dengan mengikuti kejuaraan Malaysia Master 2020. Sayang, langkahnya terhenti di babak perempat final di tangan rekannya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Tetapi di babak sebelumnya ia sukses menghentikan ganda tuan rumah Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Kevin dan Marcus berkibar di kejuaraan dalam negeri. Pada kejuaraan Indonesia Master 2020, Kevin dan Marcus yang mendapat julukan “The Minions” ini merebut gelar pertamanya di tahun 2020. Perjalanan Kevin dan Marcus menjadi juara di kejuaraan berhadiah total USD400.000 ditempuh hanya dengan kehilangan satu game saja. Di luar dugaan ganda Inggris, Marcus Elis/Chris Langridge mampu mengimbangi ganda putra nomor satu Indonesia ini, meski akhirnya mereka kalah ditangan “The Minions” pada babak pertama. Pertandingan yang dilangsungkan di Istora Senayan ini menyajikan final ideal. Kevin dan Marcus bertemu dengan seniornya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak final. The Minions menang straight game 21-15, 21-16.

Awal Februari 2020, Kevin memperkuat barisan Indonesia di kejuaraan Badminton Asia Championships 2020. Angka selalu bisa disumbangkan jika Kevin dan Marcus diturunkan. Menghadapi Korea, Kevin dan Marcus bisa mendulang satu angka kemenangan. Begitu pula saat di pertandingan semifinal dan final, Kevin dan Marcus selalu bisa menjadi andalan. Indonesia pun membawa pulang Piala Asia ke pangkuan ibu pertiwi, salah satunya berkat andil dari pemain yang besar dari klub PB Djarum.

Kejuaraan bergengsi All England menjadi turnamen resmi terakhir yang diikuti oleh Kevin selama tahun 2020. Usaha Kevin untuk menjadi juara untuk kedua kalinya di tanah Inggris kandas. Ia dan Marcus hanya bisa mendapat posisi runner up. Di babak final, Kevin dan Marcus harus merelakan gelar yang sudah di depan mata kepada ganda Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Walau hanya mendapat satu gelar juara, satu runer up, posisi Kevin dan Marcus pada daftar peringkat dunia tidak tergoyahkan. Kevin tetap menjadi pasangan ganda putra nomor satu dunia bersama Marcus. (AR)