Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tarung Ketat, Tantowi/Lilyana Runner-up
09 Agustus 2010
Tarung Ketat, Tantowi/Lilyana Runner-up
 
 

Meski bermain dengan sesama pemain Indonesia, dua pasang ganca campuran Indonesia yang saling berhadapan di partai final tak terlihat bermain sebelah mata. Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa yang harus menghadapi Akhmad Tantowi/Liliyana Natsir bermain all out. Kedua pasang ganda campuran kebanggaan Indonesia ini harus bermain hampir selama satu jam untuk merebut gelar juara. Keduanya berjibaku selama 57 menit untuk mengakhiri pertarungan rubber game. Ahmad Tantowi/Liliyana Natsir yang menang dalam pertemuan pertama membuka dengan 5-2. Setelah mempersempit selisih angka pada 6-4, Hendra/Vita langsung mendapat tambahan empat angka, melesat menjadi 8-6 meninggalkan Akhmad/Liliyana. Interval set pertama Hendra/Vita masih meninggalkan Akhmad/Liliyana dengan 11-8.

liliyana natsirSelanjutnya Akhmad/Liliyana berjuang kembali dengan melancarkan serangan-serangan tajam. Serangan dari Juara Kumpoo Macau Open Badminton Championships 2010 ini membuahkan hasil. Keduanya kembali balik memimpin menjadi 17-14. Hendra/Vita lagi-lagi mampu mengejar.Pasangan senior ini mampu menyamakan kedudukan pada angka 17-17. Setelah tiga kali terjadi angka kembar dan memaksa deuce, Hendra/Vita langsung menutup set pertama dengan 22-20. Di set kedua, Akhmad Tantowi/Liliyana Natsir bermain cemerlang. Smes keras yang menjadi andalan mereka memberikan banyak angka. Tanpa pernah memberikan kesempatan pada unggulan utama, Akhmad/Liliyana menutup set kedua dengan 21-14.

Pada set penentuan, Akhmad Tantowi/Liliyana Natsir terlihat akan menang dengan mudah. Akhmad/Liliyana benar-benar meninggalkan Hendra/Vita dengan selisih angka yang sangat jauh, yakni 14-6. Namun yang terjadi setelah itu, Akhmad/Liliyana seperti kehilangan konsentrasi. Hendra/Vita diluar dugaan mampu menyusul dengan cepat menjadi 14-13. Akhmad/Liliyana hanya sempat mendapatkan satu angka tambahan, sementara Hendra/Vita mendapat empat angka tambahan dan menyalib perolehan angka Akhmad/Liliyana menjadi 17-15. Setelah itu jarak perolehan angka kedua pasangan hanya terpaut satu angka saja, sampai akhirnya Akhmad/Liliyana memaksa Hendra/Vita bermain deuce pada kedudukan 20-20. Gelar juara akhirnya menjadi milik Hendra/Vita yang langsung mendapat dua angka sesudahnya yakni menjadi 22-20. Hasil ini sekaligus membalas kekalahan Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa dari Akhmad Tantowi/Liliyana Natsir pada final Kumpoo Macau Open Badminton Championships 2010 lalu.

Jika Indonesia berjaya di ganda campuran, Korea Selatan berjaya di ganda putra dan putri. Di kedua nomor itu, pemain-pemain Korea Selatan tak membiarkan negara lain berada pada partai puncak. Pasangan ganda putri Korea Selatan Kim Min Jung/Lee Hyo Jung hanya membutuhkan dua set untuk merebut gelar juara setelah menundukkan Lee Kyung Won/Yoo Hyun Young dengan 21-14, 22-20. Di ganda putra juara Korea Open Super Series 2010, Lee Young Dae/Jung Jae Sung menambah koleksi gelar juara. Di babak final mereka mengalahkan Gun Woo Cho/Yi Goo Kwon dengan 21-10, 21-16.