Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Legenda PB Djarum di All England] Rudi Gunawan, Juara Dua Kali Dengan Pasangan Berbeda
14 Maret 2022
[Legenda PB Djarum di All England] Rudi Gunawan, Juara Dua Kali Dengan Pasangan Berbeda
 
 

Nama Rudy Gunawan tidak bisa lepas dari kejuaraan akbar All England. Bagaimana tidak, ia menjadi pemain ganda putra Indonesia pertama yang meraih juara dua kali tetapi dengan pasangan yang berbeda. Pertama kali berdiri di podium tertinggi All England pada tahun 1992. Masa itu ia berpasangan dengan Edy Hartono, kakak dari Hariyanto Arbi. Kali kedua menjadi kampiun pada tahun 1994 saat berpasangan dengan Bambang Supriyanto.

Rudy Gunawan pertama kali menjadi jawara di Inggris saat masa jaya dari ganda China, Tian Bing Yi/Li Yong Bo masih bersinar. Untungnya ganda China yang menjadi unggulan pertama, tumbang di babak perempat final All England 1992 di tangan ganda Denmark, Jan Paulsen/Henrik Svarrer.

Rudy Gunawan atau yang biasa akrab disapa dengan Gunawan memulai babak pertama bersama dengan Edy Hartono. Pasangan ini menang 15-7, 15-1 atas ganda Denmark, Jens Meibom/Lars Pedersen. Ganda Denmark lainnya, Michael Kjeldsen/Jens Peter Nierhoff turut dihentikan Gunawan dan Edy dengan skor 15-13, 15-6. Di babak perempat final, ganti ganda Swedia, Peter Axelsen/Par Gunnar Jonsson dikalahkan dengan 15-10, 15-13. Di babak empat besar, Gunawan dan Edy unggul atas ganda dari China, Chen Kang/Chen Hongyong juga dalam dua game, 15-11, 15-3. Gunawan dan Edy menjadi juara usai menang dari andalan Denmark, Jan Paulsen/Henrik Svarrer 15-10, 15-12.

Nama Gunawan bersinar pula di All England bersama dengan pasanagan lainnya, yakni Bambang Supriyanto. Gunawan dan Bambang sempat mencoba keangkeran kejuaraan tertua sejagat pada tahun 1993. Namun usahanya terhenti di babak perempat final di tangan ganda Malaysia, Cheah Soon Kit/Soo Beng Kiang dengan 10-15, 13-15.

Pada kali kedua atau tepatnya di tahun 1994, Gunawan dan Bambang kembali datang ke Inggris. Pada tahun itu nama pasangan Indonesia Ricky Subagja/Rexy Mainaki sedang naik daun. Terbukti, Ricky/Rexy melesat ke babak puncak dan di babak final bertemu dengan Gunawan dan Bambang. Yang terjadi di babak puncak justru Gunawan dan Bambang muncul sebagai juara usai menang straight game 15-12, 15-12. (AR)