Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Hall of Fame] Alan Budi Kusuma
20 November 2020
[Hall of Fame] Alan Budi Kusuma
 
 

Siapa yang tak kenal Alan Budi Kusuma? Rasanya semua pencinta bulutangkis tidak ada yang tidak tahu dengan legenda bulutangkis Indonesia asal PB Djarum yang satu ini.

Bagaimana tidak? Alan adalah legenda bulutangkis tunggal putra Indonesia yang pertama kali meraih medali emas Olimpiade, tepatnya pada tahun 1992 di Barcelona. Lahir di Surabaya, 29 Maret 1968, Alan mulai bergabung di PB Djarum pada tahun 1986.

Prestasi Alan semasa karirnya menjadi atlet tentu sudah tidak diragukan lagi. Ia meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992. Jika seorang atlet PB Djarum dapat meraih salah satu prestasi berikut ini yaitu meraih medali Olimpiade, juara dunia, juara All England, juara Thomas, juara Uber, juara Sudirman, dan pernah menjadi peringkat satu dunia, maka ia berhak masuk ke dalam Hall of Fame PB Djarum.

Alan sendiri selain meraih medali emas Olimpiade, juga pernah menjadi juara Thomas pada tahun 1996, dan pernah menjadi peringkat 1 dunia. Berkat prestasi itulah, PB Djarum mengapresiasi Alan sebagai salah satu alumni PB Djarum yang paling sukses semasa menjadi atlet.

Namun di luar dari itu, prestasi suami dari Susy Susanti ini pun rasanya sulit untuk dilupakan. Seperti Juara Malaysia Open 1995, Indonesia Open 1993, German Open 1992, China Open 1991, Thailand Open 1989 dan 1991, serta Dutch Open 1989. Buah dari prestasinya itulah nama Alan selalu terdengar hingga saat ini.

Semoga PB Djarum bisa kembali melahirkan Alan Budi Kusuma selanjutnya! (ah)