Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Hall of Fame PB Djarum] Hastomo Arbi Pahlawan Thomas 1984
10 November 2020
[Hall of Fame PB Djarum] Hastomo Arbi Pahlawan Thomas 1984
 
 

Mungkin tak banyak yang tahu dengan sosok Hastomo Arbi. Namun, salah satu legend bulutangkis asal PB Djarum ini ternyata pernah mencatatkan sejarah manis. Tepatnya kala tim Thomas Indonesia memboyong Piala pada tahun 1984.

Hastomo Arbi merupakan anak kedua dari pasangan Ang Tjin Bik atau yang lebih di kenal dengan Arbi dan Sri Hastuti atau Goei Giok Nio. Lahir di Kudus, 5 Agustus 1958, ia merupakan perintis bagi adik-adiknya Eddy Hartono dan Hariyanto Arbi, yang kemudian mengikuti jejak Hastomo sebagai atlet bulutangkis.

Puncak ketenaran seorang Hastomo adalah kala menjadi pahlawan kemenangan Piala Thomas tahun 1984 di Kuala Lumpur. Ketika itu Indonesia berhadapan dengan China di babak final. Indonesia dianggap lemah di nomor tunggal terbukti dengan kalahnya Liem Swie King dari Luan Jin dan Icuk Sugiarto dari Yang Yang. Sementara Hastomo berhadapan dengan salah satu pemain legenda China Han Jian.

Sebelumnya, Hastomo sudah tiga kali kalah dan belum pernah menang dari pemain tirai bambu tersebut. Namun Hastomo berhasil menjawabnya dengan kemenangan. Indonesia mampu mengalahkan China 3-2 setelah di nomor ganda Christian Hadinata/Hadi Bowo dan Liem Swie King/Kartono merebut poin. Meskipun bukan poin penentu, Hastomo dianggap pahlawan kemenangan Indonesia oleh berbagai media saat itu.

Prestasi membanggakan yang diraih Hastomo itulah yang membuat dirinya masuk ke dalam Hall of Fame PB Djarum. Usai pensiun menjadi atlet, hingga kini Hastomo mengabdikan dirinya menjadi seorang pelatih di klub yang membesarkan namanya, PB Djarum. (ah)