Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Dikepung Tuan Rumah
19 April 2011
Dikepung Tuan Rumah
 
 

Jakarta - Badminton Asia Championship (BAC) akan segera digelar di China. Indonesia akan turun dengan empat pasangan di nomor Ganda Campuran. Ditilik dari hasil drawing, pasangan-pasangan Indonesia tak bisa lepas dari hadangan "dini" pasangan-pasangan China.

Atlet besutan PB Djarum, Shendy Puspa Irawati yang kini bernaung dibawah Pelatnas, akan turun berpasangan dengan Riky Widianto. Riky/Shendy akan segera ditantang oleh Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun dari Korea di babak pertama. Kedua pasangan ini menjadikan BAC ajang pertama mereka berlaga bersama. Jika mampu lolos, Riky/Shendy sudah akan bersua unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei dari tuan rumah.

Pasangan pebulutangkis profesional Markis Kido/Lita Nurlita akan menantang pasangan Hongkong, Wai Hong Wong/Hoi Wah Chau. Kido/Lita memang berada delapan rangking dibawah sang rival yang menghuni tempat ke 27, tetapi pengalaman dan kematangan Lita diharapkan akan mampu membendung ganda ini. Dibabak kedua, mereka diprediksi akan bersua dengan He Hanbin/Yu Yang yang menghuni unggulan ketujuh.

Muhammad Rijal/Debby Susanto akan ditantang Pranav Chopra/Prajakta Sawat. Rijal/Debby diuntungkan karena sebelumnya mampu mengatasi pasangan asal India itu. Kedua pasangan ini bersua di India Grand Prix Gold tahun lalu. Kala itu Rijal/Debby yang kini menghuni rangking 20 mampu mengatasi mereka melalui rubber game. Di babak kedua, mereka akan dinanti unggulan delapan, Chen Xu/Ma Jin. Keduanya belum pernah saling bersua sebelumnya.

Pasangan keempat adalah Muhammad Rizky Delinugraha/Richi Puspita Dilli. Mereka akan menjadi pasangan pertama Indonesia yang berhadapan dengan pasangan tuan rumah. Di babak pertama mereka akan bersua dengan Tao Jiaming/Qing Tian yang notabene juga merupakan unggulan ketiga. Jika lolos dari hadangan penghuni rangking 9 itu, Rizky/Richi kemungkinan akan bersua dengan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun dari Korea.

Drawing di nomor campuran ini memang terhitung didomonasi oleh Ganda Campuran tuan rumah. Dari enam pasangan yang mereka turunkan, empat diantaranya berhasil menduduki posisi unggulan. Disusul oleh Thailand yang mencuri dua tempat unggulan melalui Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (unggulan 2) serta Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul yang diunggulkan ditempat keempat, serta dua tempat lainnya dihuni pasangan Taipei.

Dengan menurunkan tiga pasangan yang masih relatif muda dan satu pasangan senior. Semoga mereka mampu menunjukkan performa terbaik mereka ditengah kepungan tuan rumah, dan menunjukkan bahwa Indonesia (masih) bisa.