Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Jenna Gozali, Pemain Ganda Putri Masa Depan
23 Agustus 2010
Jenna Gozali, Pemain Ganda Putri Masa Depan
 
 

Nama Jenna Gozali melejit akhir-akhir ini. Deretan prestasi yang diraihnya membuat ia mampu menembus peringkat 100an dunia ganda putri. Jenna yang tergolong baru di pelatnas mampu menyalib meninggalkan rekannya yang lebih dulu masuk di pelatnas pratama. Kebijaksanaan pelatnas yang mengirimkan pemain pratama mengikuti Sirkuit Nasional (Sirnas) membuat kemampuanya semakin terasah. Di ajang nasional, pasangan ini selalu berada di babak puncak. Tampil perdana pada Sirnas Jakarta bulan mei 2010 bersama Variella Aprilsasi Putri Lejarsari, Jenna langsung merebut gelar juara. Di semifinal keduanya bahkan membuat kejutan dengan menundukkan unggulan utama yang juga merupakan langganan juara Sirnas dan mantan pemain pelatnas, Devi Tika Permatasari/Nadya Melati. Di Sirnas Jawa Barat 2010, pasangan yang sama sekali tidak diunggulkan ini  kembali membungkam pasangan yang sama di babak kedua. Sayangnya pasangan pelatnas lainnya Dwi Agustiawati/Ayu Rahmasari menggagalkan ambisinya untuk meraih gelar juara. Mereka pun harus puas dengan hanya menjadi runner up. Di beberapa turnamen Sirnas lainnya pasangan ini tak pernah terlempar dari babak semifinal. Di Sirnas Tegal 2010 pasangan ini hanya menjadi semifinalis sementara di Sirnas Bali 2010 mereka menjadi runner up.

jenna gozaliDi paruh tahun 2010 ini, empat kali mereka mencicipi turnamen Internasional dengan hasil tak mengecewakan. Di India open Grand Prix Gold 2010 yang dilaksanakan pada bulan juli lalu, mereka mampu menjadi perempat finalis dan hanya kalah di tangan pasangan India yang menjadi unggulan kedua Ponnappa Ashwini/Gutta Jwala. Meski kalah, unggulan kedua ini berhasil dipaksa bermain rubber set. Di turnamen Li Ning Singapore International Series 2010 pasangan ini mampu berbicara hingga partai puncak. Sayangnya di babak final mereka menyerah dari pasangan Korea Selatan Yim Jae Eun/Lee Se Rang dengan 19-21, 12-21. Pada turnamen Sunkist Indonesia International Challende Indocock Djarum Open 2010 yang dilangsungkan di Jakarta, mereka hanya menjadi semifinalis. Namun kejutan mampu di ciptakannya saat menjamu unggulan utama asal Jepang. Miki Yuriko/Yonemoto Koharu di kalahkannya di babak kedua dengan 19-21, 21-19, 21-13. Jenna/Variella hanya kalah dari sang juara, Suci Rizki Andiri/Della Destiara Haris. Satu-satunya kegagalan menjadi pemain yang mampu berada di barisan babak utama di alami mereka saat turnamen Djarum Indonesia Open Super Series 2010. Ketika itu mereka menyerah dari pasangan yang lebih lama menghuni pelatnas Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah pada babak final kualifikasi.

Awal tahun 2010, peringkat Jenna Gozali di ganda putri masih berada pada 167 dunia. Memasuki minggu ke 33, peringkatnya menembus 100an dunia. Saat ini berpasangan dengan Variella, bertengger di peringkat 87 dunia.

Dengan umur yang relatif masih muda, serta kemampuan teknik yang mencukupi, harapan Indonesia untuk memunculkan pemain handal di ganda putri ada pada Jenna Gozali. Kita harapkan. (AR)