Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Ketum PBSI Dari Masa ke Masa] Wiranto (2016-2020)
05 November 2020
[Ketum PBSI Dari Masa ke Masa] Wiranto (2016-2020)
 
 

Wiranto, bakal segera menyerahkan tahta Ketua Umum PP PBSI kepada para calon Ketua Umum periode 2020-2024 yang bakal segera terpilih. Di penghujung jabatannya, tak ada salahnya jika kita memutar balik untuk melihat kiprahnya selama menjabat sebagai orang nomor satu di Pelatnas PBSI Cipayung sejak empat tahun silam.

Menjabat sejak 2016 hingga 2020, harus diakui performa para atlet Pelatnas PBSI Cipayung cukup memberikan prestasi yang membanggakan. Sebut saja salah satunya ajang All England Open. Sejak tahun 2016, atlet-atlet Indonesia selalu menyumbangkan gelar juara di turnamen tertua itu.

Lalu di ajang penting Asian Games 2018. Indonesia sebagai tuan rumah tidak kehilangan muka, saat dua wakilnya yaitu Jonatan Christie dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Tak hanya itu, pada masa jabatan Wiranto juga, sepanjang sejarah berlangsungnya piala Suhandinata, tim beregu junior Indonesia sukses membawa pulang piala tersebut pada tahun 2019 lalu.

Prestasi-prestasi mengagumkan itu terjadi kala Wiranto menjabat sebagai ketua umum PBSI. Sayangnya, di akhir tahun masa jabatannya, Wiranto tak sempat mencicipi hasil yang ditorehkan para atlet Pelatnas di pentas Olimpiade. Pasalnya, ajang empat tahunan tersebut terpaksa ditunda hingga tahun 2021 mendatang, karena pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Hingga saat ini, belum dipastikan siapa yang akan menggantikan posisi Wiranto untuk masa jabatan empat tahun ke depan. (ah)