Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tunggal Putra Raih Runner Up
21 Juni 2009
Tunggal Putra Raih Runner Up
 
 

Taufik Hidayat meraih runner up di babak final Djarum Indonesia Open Super Series 2009. Ambisinya untuk mencetak rekor tujuh gelar juara di Indonesia Terbuka kembali tertunda ketika ia gagal mengatasi permainan unggulan pertama Lee Chong Wei dari Malaysia pada final Djarum Indonesia Open Super Series 2009.

Tampil pada partai final keempat di Istora Senayan, Minggu, Lee Chong Wei menunjukkan kelasnya sebagai pebulutangkis nomor satu dunia dengan menundukkan Taufik dua game langsung 21-9, 21-14.

Taufik dengan mudah kehilangan game pertama saat ia tertinggal jauh dan hanya diberi kesempatan mengumpulkan sembilan angka sebelum pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei menutup game pertama dengan kemenangan 21-9.

Lee Chong Wei yang tertinggal 1-7 berhasil menyamakan kedudukan dan memimpin 11-9 sebelum permainan berlangsung ketat hingga Chong Wei membukukan enam poin beruntun untuk menyudahi pertandingan hanya dalam 31 menit.

"Itulah permainan, saya sudah berusaha yang terbaik tetapi dia lebih baik segala-galanya. dengan strategi apapun dia lebih siap, saya harus akui dia lebih baik," ujar Taufik yang berharap masih ada kesempatan untuk mengejar targetnya.

Sementara itu Lee Chong Wei mengakui bahwa kunci kemenangannya adalah pertahanan yang bagus terhadap serangan-serangan Taufik. Ia juga menyebutkan permainan net Taufik kali ini tidak sebagus biasanya.

Malaysia juga meraih gelar ganda putri melalui pasangan unggulan pertama Chin Eei Hui/Wong Pei Tty yang menyisihkan pasangan China Cheng Shu/Zhao Yunlei 21-16, 21-16.

Pebulutangkis India Saina Nehwal yang menjadi unggulan keenan membuat kejutan dengan menjadi salah satu penakluk pemain China ketika ia merebut gelar juara tunggal putri dengan menundukkan unggulan ketiga Wang Lin 12-21, 21-18, 21-9.

Sebagai satu-satunya putri non China, di antara tiga bintang asal Negeri Tirai Bambu itu, Xie Xinfang, Lu Lan dan Wang Lin di babak empat besar, Saina membuktikan diri mampu menembus dominasi putri China untuk meraih mahkota juara sekaligus hadiah uang sebesar 18.750 dolar AS.

Ganda campuran asal China Zheng Bo/Ma Jin meraih gelar Super Series ketiga berturut-turut setelah sebelumnya juga meraih kemenangan pada Swiss dan Singapura Terbuka.

Pasangan unggulan kelima tersebut meraih gelar Indonesia Terbuka dengan menundukkan peringkat satu dunia sekaligusjuara Olimpiade asal Korea Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung dalam pertandingan tiga game 21-17,8-21, 21-16 selama 59 menit.

Pada hari terakhir penyelenggaraan Djarum Indonesia Open 2009 ini juga diumumkan hasil lelang raket dari 12 bintang bulutangkis untuk membantu mantan pemain dan pelatih Indonesia dan Malaysia almarhum Indra Gunawan.

Raket sumbangan dari Taufik Hidayat, Liem Swie King, Lee Chong Wei, Ong Ewe Hock, Alan Budikusuma, Susy Susanti, Heryanto Arbi, Joko Supriyanto, Candra Wijaya, Hendrawan, Ricky subagja dan Rexy Mainaky itu berhasil terjual Rp240 juta.