Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Atlet PB Djarum Jalani Test Fisik dan Pengukuran Antrophometri
06 April 2021
Atlet PB Djarum Jalani Test Fisik dan Pengukuran Antrophometri
 
 

Mengawali tahun 2021, seluruh atlet PB Djarum sudah dua kali menjalani test fisik dan pengukuran antrophometri yang dilaksanan di GOR Djarum Jati, Kudus.

Test dan pengukuran yang pertama dilakukan pada bulan Januari lalu. Kemudian test dan pengukuran yang kedua kalinya dilakukan sejak kemarin, Sabtu (3/4) sampai dengan hari ini, Selasa (6/4).

Ada 10 item test fisik yang harus dilakoni oleh setiap atletnya. Yaitu lari 20 Meter, sit & reach, vertical jump, loncat jauh tanpa awalan, sit up (2 menit), push up (1 menit), agility court (kelincahan), skipping rope (1 menit), chin ups/inverted row  (1 menit), VO2 maks (Bleep test).

Sedangan pengukuran antrophometri terdiri dari tiga item, yaitu tinggi badan, berat badan, indeks masa tubuh.

"Kami setiap tiga bulan sekali melakukan test dan pengukuran ini. Tentu tujuannya untuk mengukur dan mengetahui kekurangan atlit dari segi fisik, dan juga menjaga dari segi pengukuran antrophometri," ungkap Reni Aidangingrum salah satu pelatih fisik PB Djarum.

"Penilaiannya sendiri bisa keluar sekitar dua minggu setelah test. Dan setelah nilainya keluar kita dari tim fisik akan melakukan kordinasi dengan pelatih teknik masing-masing atlet, maupun ahli gizi," jelasnya.

Meski belum keluar penilaiannya, namun dikatakan Reni jika melihat dari performa atlet dibanding test pertama pada januari lalu, kali ini jauh lebih baik.

"Kalau menurut saya hasilnya nanti akan lebih baik dibanding sebelumnya. Tetapi kita lihat saja nanti," ujarnya. (ah)