Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Mia Audina Dua Kali Juara Piala Uber Sebelum Hijrah Ke Belanda
05 Oktober 2020
Mia Audina Dua Kali Juara Piala Uber Sebelum Hijrah Ke Belanda
 
 

Mantan pebulutangkis tunggal putri berbakat Indonesia, Mia Audina adalah salah satu atlat yang paling diperhitungkan. Atlet kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1979 itu digadang-gadang bakal menjadi penerus kejayaan tunggal putri Indonesia, setelah era Susy Susanti.

Sayang, sebelum mencapai puncak keemasannya, pada tahun 1999 Mia menikah dengan Tylio Arlo Lobman, seorang penyanyi gospel asal Suriname berkebangsaan Belanda. Ia kemudian menetap dan menjadi warga negara Belanda dan mulai mewakili Belanda dalam berbagai pertandingan.

Padahal, sebelum menikah dan meninggalkan Indonesia, berbagai prestasi gemilang sukses diraih Mia. Seperti meraih medali perak Olimpiade Atlanta 1996, juara Indonesia Open 1998, juara Jepang Open 1997, dan juara Singapura Open 1997.

Tak hanya itu, prestasi yang tak kalah gemilangnya yaitu Mia menjadi salah satu pahlawan Indonesia di ajang Uber Cup. Bahkan Mia mendapat julukan "Si Anak Ajaib" dan "Anak SMA Penentu Piala Uber" karena menjadi pemain penentu kemenangan Indonesia saat menjuarai Piala Uber 1994 dan 1996.

Pada tahun 1994, tepatnya Mia saat masih berusia 14 tahun, sudah menjadi penentu kemenangan Indonesia saat menghadapi China di final. Turun di partai terakhir, Mia tampil tak gentar meski harus menghadapi pemain peringkat 12 dunia saat itu, Zhang Ning. Usai bertarung selama tiga game, akhirnya Mia memastikan Indonesia meraih piala Uber usai unggul 11-7, 10-12, dan 11-4.

Kemudian pada tahun 1996, Mia kali ini menjadi tunggal kedua. Turun di partai ketiga Mia kembali sukses menyumbang poin kemenangan untuk Indonesia. Menghadapi Wang Chen, Mia berhasil menang dengan skor 11-4, 11-6. Kala itu pun Indonesia keluar sebagai juara usai unggul 4-1 atas China di final. (ah)