Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Indonesia Raya Berkumandang Tiga Kali
18 Desember 2009
Indonesia Raya Berkumandang Tiga Kali
 
 

Lagu Indonesia Raya berkumandang sebayak tiga kali di Gymnasium 1, National Sports Complex, Vientiane, laos. Tiga medali emas berhasil direbut pemain-pemain Indonesia dari cabang olahraga bulutangkis Sea Games 2009 nomor perorangan. Tiga emas hari ini melengkapi emas nomor beregu putra yang sudah diraih sebelumnya.

Kumandang lagu Indonesia Raya untuk kali pertama di awali oleh keberhasilan ganda campuran Indonesia, Nova Widianto / Liliyana Natsir saat meraih medali emas setelah mengalahkan pasangan dari Thailand Shongphon Anugritayawon / Kunhala Voravichitchaikul melalui pertarungan tiga set 21-10, 20-22, 21-9.

Untuk kedua kalinya penonton berdiri untuk menyaksikan bendera Merah Putih berkibar sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya saat Simon Santoso berhasil meraih medali emas. Kali ini Simon Santoso menghempaskan seniornya, Sony Dwi Kuncoro di partai final dua set langsung dengan 21-16, 21-12.

Kembali lagu Indonesia Raya menggema untuk ketiga kalinya. Pasangan peraih medali emas Olimpiade Beijing 2009, Markis Kido / Hendra Setiawan merebut medali emas di ganda putra. Pasangan terbaik Indonesia tersebut mengalahkan pasangan Malaysia Koo Kean Keat / Tan Boon Heong dengan straight set 21-17, 21-17 sekaligus membalas kekalahan mereka atas lawan yang sama pada saat Final beregu Putra.

Dua medali emas lainnya di bagi rata oleh Thailand dan Malaysia. Thailand sebelumnya memastikan diri merebut medali emas setelah terjadi "all Thailand Final". Salakjit Ponsana mampu meraih medali emas dengan menghempaskan juniornya Intanon Ratchanok dengan 21-14, 18-21, 21-10.

Malaysia akhirnya berhasil merebut medali emas di nomor perorangan cabang bulutangkis Sea Games 2009 melalui Chin Eey Hui / Wong Pei Tty. Di final pasangan juara Super Series master 2009 ini mengalahkan pasangan Singapura Shinta Mulia Sari / Yao Lei dengan 21-12, 21-11. (AR)