Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Wifqi/Afiat Pastikan Tiga Wakil Indonesia ke Semifinal
22 Agustus 2009
Wifqi/Afiat Pastikan Tiga Wakil Indonesia ke Semifinal
 
 

Ganda putra Pelatnas Cipayung Wifqi Windarto/Afiat Yuris Wirawan memastikan Indonesia meloloskan tiga wakilnya ke semifinal Macau Grand Prix Gold. Mereka menjadi pemain terakhir yang meraih tiket tersebut setelah berhasil mengalahkan unggulan kelima dari China, Sun Junjie/Tao Jiaming, dengan straight set 21-19 dan 21-16.

Dengan demikian, semua pemain Indonesia yang tampil di babak perempat final, Jumat (21/8), meraih kemenangan. Sebelumnya, ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, serta tunggal putra Taufik Hidayat, telah mendapatkan tiket ke semifinal yang akan berlangsung Sabtu (22/8).

Di babak empat besar nanti, Wifqi/Afiat yang tidak diunggulkan ini bakal menghadapi lawan yang berat karena harus bertemu pasangan Malaysia Choong Tan Fook/Lee Wan Wah. Unggulan kedua ini lolos setelah menang straight set 21-15 dan 21-13 atas pasangan Korea Selatan, Hwang Ji Man/Kim Ki Jung.

Meskipun menang dua set langsung, Wifqi/Afiat harus berjuang ekstra keras, terutama di set pertama. Pasalnya, sejak awal pertandingan, mereka selalu tertinggal sebelum bisa mengejar dan menyamakan skor menjadi 15-15. Inilah titik balik pasangan masa depan Indonesia tersebut karena setelah terjadi kejar-mengejar poin, mereka akhirnya bisa menang 21-19.

Pada game kedua, perjuangan Wifqi/Afiat relatif lebih ringan. Malah selepas kedudukan 5-5, mereka tak terbendung lagi karena terus memimpin perolehan poin hingga meraih kemenangan 21-16.

Sementara itu, Hendra AG/Vita lolos setelah mengalahkan ganda campuran Malaysia, Mohd Razif Abdul Latif/Woon Khe Wei, dengan 21-12, 20-22, dan 21-15 dalam waktu 44 menit. Selanjutnya, mereka bertemu pasangan China yang merupakan unggulan kelima, Chen Zhiben/Zhang Jinkang.

Taufik, yang merupakan unggulan ketiga, masih sangat perkasa karena belum kehilangan satu set pun. Pemain nomor empat dunia itu kembali meraih kemenangan straight set, 21-16 dan 21-14, atas unggulan keenam dari Taiwan, Hsieh Yu Shing.

Tapi di semifinal, mantan juara dunia 2005 ini akan menghadapi lawan yang sangat berat karena bertemu unggulan pertama sekaligus musuh bebuyutannya, Lee Chong Wei. Pemain nomor satu dunia asal Malaysia itu lolos setelah menang 21-10 21-14 atas unggulan tujuh dari India, Chetan Anand.

Jadwal semifinal, Sabtu (22/8)

- Tunggal putra
(1) Lee Chong Wei (Malaysia) vs (3) Taufik Hidayat

- Ganda putra
Wifqi Windarto/Afiat Yuris Wirawan vs (2) Choong Tan Fook/Lee Wan Wah (Malaysia)

- Ganda campuran
(5) Chen Zhiben/Zhang Jinkang (China) vs Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa

Sumber : kompas.com