Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Lapis Satu Indonesia Buru Gelar di Makau
27 Juli 2010
Lapis Satu Indonesia Buru Gelar di Makau
 
 

27 Juli 2010 – Hari ini turnamen Kumpoo Macau Open Grand Prix Gold 2010 akan dimulai sampai 1 Agustus 2010 di Cotai Arena, the Venetian, Makau. Turnamen di kota judi ini diramaikan oleh lebih dari 250 atlet dari 26 negara yang akan berusaha memperebutkan total hadiah tunai USD 120 ribu (atau Rp 1 milyar lebih). Indonesia mengirim 28 atlet lapis utamanya, baik dari Pelatnas maupun non-Pelatnas. Pertarungan akan sengit.

Peluang Indonesia terasa 50-50 untuk membawa pulang gelar dari Makau. Pasalnya, wakil Indonesia akan banyak dihadang persaingan sengit. Dari partai tunggal, misalnya, Adriyanti Firdasari sudah langsung berhadapan dengan unggulan kelima dari Hongkong, Yip Pui Yin di pertandingan pertamanya. Sedangkan Maria Febe Kusumastuti tampaknya akan berjibaku melawan unggulan kedelapan asal Thailand, Salakjit Ponsana di babak kedua.

Tunggal putra sebenarnya cukup “lengang,” namun dua unggulan pertama, Lee Chong Wei dan Peter Hoeg Gade akan mempersulit jalan menuju podium juara. Putra Indonesia yang berpeluang menghentikan langkah Chong Wei adalah Simon Santoso atau Dionysius Hayom Rumbaka yang mungkin bertemu Chong Wei di semifinal, sedangkan Sony Dwi Kuncoro berkesempatan menjegal Peter Gade, juga di semifinal. Mereka bertiga berpeluang menang atas unggulan teratas tersebut, hanya saja mereka harus mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Dari partai ganda, halangan akan banyak datang dari Korea Selatan, Taipei, juga Malaysia, bahkan Jepang bisa jadi juga menjadi ancaman setelah melihat perjuangan mereka di Indonesia Open Super Series 2010 lalu. Harapan utama Indonesia di partai ganda masih berada pada bahu juara ganda putra Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido/Hendra Setiawan yang di Makau mendapat tempat unggulan kedua, serta Hendra Gunawan/Vita Marissa yang memperoleh emblem unggulan pertama.
Selain mereka, perwakilan partai ganda lainnya saat ini tidak dapat banyak diprediksi karena banyak hadangan. Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan (unggulan ketiga) nampaknya akan mendapat perlawanan sengit di babak kedua, melawan antara Zakry Abdul Latif/Fairuzizuan Tazari (Malaysia) atau Shin Baek Cheol/Kim Ki Jung (Korea). Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan juga harus mencoba mendobrak tekad kuat unggulan ketujuh asal Jepang, Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto yang tampaknya akan mereka temui di babak kedua.
Sedangkan dari ganda putri, tiga dari empat pasangan Indonesia berada di boks semifinal yang sama sehingga akan banyak terjadi bentrok sesama merah-putih. Hanya Debby Susanto/Pia Zebadiah yang berada di boks yang berbeda, dan berpeluang besar bertemu unggulan pertama di babak kedua, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna.

Dimulai pukul 10 pagi waktu setempat atau pukul 9 pagi WIB, hari ini Macau Open memulai perhelatannya dengan babak kualifikasi semua partai dan babak pertama partai tunggal putra. Indonesia sendiri hanya memiliki dua perwakilan yang berangkat dari babak kualifikasi, yakni, Angga Pratama/Rian Agung Saputro serta atlet ganda putri sepuh Indonesia, Minarti Timur yang berpasangan dengan Wang Lili dari Filipina. (DC)

Jadwal Tanding Atlet Indonesia Hari Ini (WIB)
12:00    [Q] Minarti Timur/Lili Wang (INA/PHI) vs Sao Chi Lei/Ka Lei Mak (MAC)
15:30    [Q] Angga Pratama/Rian Agung Saputro vs Hsieh Yu Hsing/Hsu Jen Hao
             (TPE)
19:30    Dionysius Hayom Rumbaka (10) vs Wee Chung Pei (MAS)
22:00    Simon Santoso (4) vs Mohammad Arif Abdul Latif (MAS)
22:30    Sony Dwi Kuncoro (3) vs Wacha Przemyslaw (POL)