Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Trik Menjadi Jawara Bulutangkis ala Master King Smash
06 Oktober 2016
Trik Menjadi Jawara Bulutangkis ala Master King Smash
 
 

Liem Swie King atau dikenal sebagai King Smash merupakan pebulutangkis tunggal putra pertama kali yang mendapatkan beasiswa dari PB Djarum lewat pertandingannya saat menjadi juara ke 2 di PON tahun 1973. Bermula dari kejuaraan PON, King diberikan beasiswa oleh PB Djarum untuk mengembangkan kemampuan (skill) bulutangkisnya. Dan ternyata, skill dan teknik yang ia kuasa mampu membawanya meraih juara tunggal putra di All England Open hingga bermain ganda bersama Bobby Ertanto dalam kejuaraan SEA Games.

Dari berbagai kejuaraan yang pernah ia lewati dan segmen bermain yang sudah ia coba, ternyata semua latihan dan perjuangannya mendapat hasil yang sangat memuaskan, sudah puluhan mendali emas ia bawakan untuk negara Indonesia sebagai simbol kepioniran ia bermain bulutangkis. Walaupun sekarang bukan masa kemasan King, namun perjalan karirnya dari PB Djarum ini yang membuat ia ingin mencari langsung penerus pebulutangkis Indonesia. Setelah proses selesai, peserta yang terpilih akan dididik dan King ingin mengajarkan beberapa trik saat ia menjadi jawara, seperti:

Latihan Lebih Keras Dari Musuh

Berlatih fisik dan mental sudah termasuk prioritas dalam olahraga, tetapi berlatih lebih banyak dari musuh menjadi salah satu cara berlatih dan usaha King untuk menjadi jawara. Berlatih smash menjadi hal utama, menurut King sebelum maju kejuaraan perlu ratusan kali untuk berlatih smash saja. Selain smash, footwork pun perlu diperhatikan saat usia menginjak 15-16 tahun, kamu perlu terus berlatih posisi kaki yang benar. King pun menambahkan di zaman digital seperti sekarang, para pemain pemula harus menantang dirinya sendiri agar bisa latihan dengan fokus tanpa gadget.

Biasakan Bertarung Sparing

Terkadang berlatih saja tidak menjadikan pemain bersungguh-sungguh selayaknya kompetisi, maka sangat penting untuk melakukan sparing kepada lawan baru agar diri kita merasa tertantang saat bermain bulutangkis. Menurut King, sparing juga bisa mengetahui kemampuan diri sendiri, jika kamu kalah berarti kamu harus belajar dari kesalahan dan jika menang dari lawan sparing, kamu harus perdalam teknik.

Yakinkan Diri untuk Cinta Bulutangkis

Obsesi dan rasa cinta pada bulutangkis juga nyatanya penting untuk ditanam dalam benak pemain pemula. Karena menurut King, kemauan yang kuat dan kecintaan pada bulutangkis yang bisa membawanya sampai meraih juara. Kalau alasan menjadi pemain bulutangkis hanya sekedar ingin jadi atlet dan dilihat banyak orang, sebaiknya ubah mindset kamu. Kecintaan pada bulutangkis mulai dari kemauan latihan, mempelajari teknik, hingga berjuang terus saat bertanding bulutangkis termasuk melatih mentalmu.