Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Indonesia Berada di Grup Ringan
10 Maret 2010
Indonesia Berada di Grup Ringan
 
 

JAKARTA, Kompas.com - Tim Thomas Indonesia menempati unggulan kedua pada putaran final Piala Thomas 2010 di Malaysia, 9-16 Mei. Hasil undiannya pun cukup menguntungkan karena bertemu lawan yang ringan, sehingga Indonesia optimistis bisa melewati penyisihan grup.

"Undiannya agak mendingan, menghadapi India rasanya tidak masalah," ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh di Jakarta, Senin (8/3/10).

Hasil pengundian yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, menempatkan Indonesia yang menjadi unggulan kedua berada di Grup D bersama India dan Australia.

Putaran final Piala Thomas diikuti 10 negara yang lolos kualifikasi ditambah juara bertahan China dan tuan rumah Malaysia. Ke-12 negara tersebut dibagi dalam empat grup yang masing-masing terdiri atas tiga negara.

China yang menjadi unggulan pertama berada di Grup A bersama Korea dan Peru, sedang tuan rumah Malaysia di Grup B dengan Jepang dan Nigeria. Adapun Grup C dihuni tim-tim perwakilan dari Eropa yakni Denmark, Jerman dan Polandia.

Juara dan runner-up masing-masing grup lolos ke babak perempat final.

Diundi kembali

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, pada turnamen kali ini, tim-tim yang lolos ke babak sistem gugur (perempat final) akan diundi kembali berdasarkan peringkat dunia terbaru yang dikeluarkan menjelang pengundian.

"Kalau pada babak sistem gugur diundi kembali, akan sulit memprediksi siapa lawan yang akan dihadapi karena juara dan runner-up grup posisinya nol lagi," kata Lius.

Sebelumnya, pada babak perempat final, juara dan runner-up setiap grup langsung dipertemukan secara silang dengan juara dan runner-up grup lainnya.

"Jika diundi lagi risikonya besar, kita (Indonesia) bisa bertemu tim China lebih awal jika tidak menjadi unggulan kedua (lagi). Kalau menjadi unggulan kedua, harapannya bisa bertemu China di final," katanya.

Ditanya mengenai tim yang akan diturunkan, Lius mengatakan, masih akan dirapatkan oleh pengurus PB PBSI karena batas waktu penyerahan nama-nama tim adalah pada 23 April.

Sementara itu tim Piala Uber Indonesia yang menjadi unggulan keempat berada di Grup B bersama Denmark dan Australia. Dilihat dari peta kekuatan, peluang Adriyanti Firdasari dan kawan-kawan untuk lolos juga tinggi karena seharusnya Australia bisa diatasi.

- Hasil undian

Piala Thomas:
Grup A: China, Korea, Peru
Grup B: Malaysia, Jepang, Nigeria
Grup C: Denmark, Jerman, Polandia
Grup D: Indonesia, India, Australia

Piala Uber:
Grup A: China, Malaysia, AS
Grup B: Indonesia, Denmark, Australia
Grup C: Jepang, Rusia, Jerman
Grup D: Korea, India, Afrika Selatan

Sumber : kompas.com