Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tangkas Alfamart Junior Challege Open
10 Juni 2010
Tangkas Alfamart Junior Challege Open
 
 

Jakarta – Hari ketiga penyelenggaraan kejuaraan terbuka untuk atlet dibawah 19 tahun ini diawali dengan menggelar lima nomor pertandingan sekaligus yakni tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran. Perjalanan menuju babak perempat final, semua nomor memperlihatkan pertarungan-pertarungan ketat dan memanjakan para penikmat bulutangkis yang hadir di Tenis Indoor.

Riyanto yang diunggulkan di tempat pertama, berhasil menembus babak perempat final melalui pertarungan ketat di babak kelima. Diawal game pertama, Riyanto yang berhadapan dengan Khosit Phetpradab terlihat meyakinkan dan seperti akan memenangkan pertandingan dengan mudah. Ia berhasil mendominasi hampir sepanjang game pertama ini. Riyanto unggul jauh 11-6 sampai saat jeda. Ia terus mendominasi dengan penempatan bola yang kadang diselingi dengan serangan yang mengagetkan lawannya. Riyanto pun membungkus game pertama dengan 21-11.

Di awal game kedua, Riyanto pun masih terus mendominasi. Riyan unggul 11-8 di jeda. Namun kemudian Riyan melakukan beberapa kali kesalahan sendiri. Tercatat tiga kali berturut-turut ia gagal menyeberangkan bola, dan dikunci pemain asal Thailand tersebut di angka 14 membuat Riyan tertinggal 14-18. Meskipun Riyan berhasil menyamakan kedudukan di angka 18-18, tetapi ia gagal menuntaskan perjuangannya dan menyerah 19-21.

Game penentuan, kejar mengejar angka terus terjadi, Riyan malah terus tertinggal di paruh pertama game ketiga ini dengan 9-11. Angin yang cukup kencang di Tenis Indoor ini membuat Riyan kesulitan mengendalikan arah bola. Perolehan angka berlangsung ketat. Angka kembar dan hanya selisih satu angka terus terjadi setelah Riyan menyamakan kedudukan di 11-11. Sorakan penonton terdengar mendukung pemain Thailand, namun Riyan tak gentar. Setelah tertinggal 17-18, Riyan berhasil meraih empat angka berikutnya dan menutup set dengan 21-19.

“Sorakan penonton itu malah menjadi motivasi saya untuk lebih bisa memenangkan pertandingan,” ungkapnya.

Di babak perempat final yang akan digelar pada Kamis (10/6) mulai pukul 14.00 nanti, Riyan akan ditantang pemain asal Hongkong, Ng Ka Long. Ng berhasil mengalahkan pemain Pelatnas, Hermansyah. Ng kalah 14-21 di game pertama, tetapi ia berhasli memenangkan dua game berikutnya dengan 21-18 dan 21-17.

“Saya belum pernah bertemu dengan Ng, jadi kesempatan saya masih 50-50. Tapi saya tetap optimis untuk bisa menang,” pungkas Riyan.
Thomi Azizan Mahbub
PB Djarum juga masih diwakili oleh satu wakil lainnya, Thomi Azizan Mahbub yang mengalahkan pemain India Sameer Verma dengan 21-15 dan 21-13. Thomi akan ditantang tunggal Thailand, Prinyawat Thongnuam yang menekuk rekannya, Shesar Hiren Rustavito. Prinyawat menang dengan 13-21, 21-16 dan 21-8.

Dua tunggal lain yang gagal melaju ke babak perempat final adalah Arief Gifar Ramadhan yang menyerah dari Tzu Wei Wang dari China Taipei. Arief menyerah 21-13, 14-21 dan 12-21. Sementara Kho Hendriko ditekuk oleh Evert Sukamta dari Pelatnas, 11-21 dan 16-21. (IR)