Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Jelang Bitburger Open 2010
31 Agustus 2010
Jelang Bitburger Open 2010
 
 

Bitburger Open Grand Prix Gold 2010 akan segera digelar mulai hari ini (31/08). Sebelum perhatian terarah pada hasil-hasil pertandingan, mari kita sedikit melihat ke belakang. Kejuaraan ini telah dimulai sejak tahun 2003 yang merupakan kelanjutan dari turnamen sebelumnya yang berlabel BMW Open. BMW Open sendiri terlaksana pada periode tahun 1990 sampai 2002. Pada periode tersebut tercatat nama-nama pemain Indonesia yang berkarir di Jerman pernah menjuarai turnamen ini diantaranya Yosep Phoah, Hargiono, Yong Yudianto dan mantan pemain PB Djarum, Dharma Gunawi.

Maria Febe Bersiap Melakukan ServisSetelah tahun 2003, nama turnamen berubah menjadi Bitburger Open yang konsisten diadakan setiap tahunnya dan menjadi agenda tahunan dari DBV (Persatuan Bulutangkis Jerman). Kejuaraan ini pun menjadi satu-satunya kejuaraan dengan sponsor minuman beralkohol, Brewery Bitburger Beer.

Indonesia sendiri baru satu kali menjuarai kejuaraan berlabel Bitburger Open ini. Adalah Maria Febe Kusumastuti, atlet kebanggaan PB Djarum ini berhasil menjuarai Bitburger Open pada tahun 2008 silam. Kala itu ia menang secara dramatis dengan drama tiga game atas tunggal India, Aditi Mutatkar. Febe menang dengan 22-24, 21-8, dan 23-21.

Sebenarnya tahun 2008, Indonesia juga diwakili oleh punggawa PB Djarum, Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari di nomor ganda. Tetapi mereka kandas di partai puncak atas Helle Nielsen/Marie Ropke dari Denmark dengan skor 15-21, dan 18-21.

Ketiga pemain tersebut bertarung dibawah naungan klub PB Djarum, sebelum akhirnya Shendy/Meiliana di daulat untuk kembali ke Pelatnas pada 2009, dan Febe yang bergabung pada awal tahun ini.

Naiknya Bitburger Open ini ke level Grand Prix Gold, telah menaikkan gengsi kejuaraan dan kehadiran pemain-pemain papan atas rangking dunia. Indonesia sendiri akan diwakili oleh pemain-pemain Pelatnas yang beberapa diantaranya merupakan punggawa asal PB Djarum.

Rendy Sugiarto yang turun di nomor ganda putra bersama Afiat Yuris Wirawan, serta Dewi Komala yang turun di nomor ganda putri. Semoga mereka bisa menjadi yang terbaik, mencuri gelar di Saarlandhalle Im Ludwigspark, Saarbreucken, Jerman.