Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Perjuangan Maksimal Rendy/Afiat
03 September 2010
Perjuangan Maksimal Rendy/Afiat
 
 

2 September 2010 – Pasangan ganda putra Pelatnas lulusan PB Djarum, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan akhirnya harus mengakui keunggulan pasangan Inggris unggulan keenam, Marcus Ellis/Robin Middleton di babak pertama kejuaraan Bitburger Open 2010 yang berlangsung hari ini. Rendy/Afiat kalah sangat tipis, 22-24 dan 24-26.
Perjuangan mereka patut diacungi jempol. Lihatlah set pertama. Mereka sempat tertinggal jauh 2-9 sebelum akhirnya mengejar dan bahkan memimpin 12-11. Setelah skor ini, terjadilah “baku hantam” luar biasa di antara kedua pasangan yang saling berebut setir. Mental baja Afiat/Yuris kemudian terbukti lagi saat mereka tertinggal di angka super kritis, 18-20; mereka mampu mengimbangi angka 20-20 dan memaksakan deuce sampai dua kali setelahnya sebelum akhirnya set pertama itu tergelincir dari tangan mereka.
Pada set kedua, dari tertinggal 2-5, mereka kemudian memimpin jauh 15-8. Namun kematangan Marcus (20 tahun) dan Robin (25 tahun) terlihat dengan ketenangan mereka yang kemudian lambat laun membawa mereka menuju kepemimpinan angka 18-17. Setelah ini angka-angka berdempetan; setir terebut satu sama lain. Rendy/Afiat yang pertama masuk ke game point 20, dimana Marcus/Robin hanya setitik berada di belakangnya, skor 19.

Kemudian terjadilah deuce yang “menakutkan” tersebut, 20-20. Lebih mengerikan lagi saat Marcus/Robin naik duluan ke angka 21. Namun kemudian Rendy/Afiat berhasil memaksakan deuce kembali, 21-21. Kali ini gantian Rendy/Afiat yang naik duluan ke tangga 22, eh namun ternyata terimbangi lagi 22-22. Dua kali deuce setelahnya didahului oleh pasangan Inggris tersebut, sebelum akhirnya pasangan unggulan keenam tersebut berhasil merebut tiket ke babak kedua dengan penuh cucuran keringat.

Walaupun Rendy/Afiat kalah, namun perjuangan yang telah disuguhkan mereka tentu saja tidak sia-sia. Dapat kita rasakan dengan kuat dan kental bagaimana mereka telah memberikan usaha mereka yang terbaik di “medan peperangan” tersebut. Proficiat bagi Rendy (19 tahun) dan Afiat (21 tahun) yang baru mulai dipasangkan tahun ini. Semoga dengan bertambahnya pengalaman, kalian akan semakin matang dan sangar di dunia bulutangkis internasional.

Angga/Rian Sua Unggulan Pertama

Pasangan ganda putra Pelatnas lainnya, Angga Pratama/Rian Agung Saputro berhasil melaju ke perempat final setelah menundukkan Birger Abts/Jonathan Gillis (Jerman) di babak pertama, dan unggulan kedelapan asal Perancis, Laurent Constantin/Sebastien Vincent di babak kedua. Selain Laurent/Sebastien, unggulan yang gugur lainnya adalah unggulan ketiga asal Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding di tangan pasangan tuan rumah, Ingo Kindervater/Johannes Schottler di babak kedua. Kakak Marcus Ellis, Andrew Ellis, juga berhasil menjungkalkan pasangan unggulan kelima asal Perancis, Ruud Bosch/Koen Ridder bersama pasangannya, Chris Langridge di babak pertama.

Di perempat final esok hari (3/9), tinggal tersisa empat pasangan unggulan: Mathias Boe/Carsten Mogensten (DEN/1), Zhang Nan/Chai Biao (CHN/2), Marcus Ellis/Robin Middleton (ENG/6), dan Jorrit De Ruiter/Dave Khodabux (NED/7). Angga/Rian sendiri akan bersua pasangan unggulan pertama, Mathias/Carsten di perempat final besok yang akan dipertandingkan pukul 10 malam WIB. (DC)