Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Nova/Lilyana, Wakil Terakhir Indonesia
18 September 2010
Nova/Lilyana, Wakil Terakhir Indonesia
 
 

Harapan Indonesia untuk meraih gelar juara turnamen China Master 2010 tinggal bertumpu pada pasangan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir. Pasangan Indonesia ini menjadi satu-satunya pasangan bukan China yang berada pada babak semifinal ganda campuran. Di babak perempat final, unggulan utama ini dipaksa bekerja keras oleh pasangan dari Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christina Pedersen. Meski hanya berlabel unggulan enam, pasangan Denmark ini mampu bermain all out dan mengajak peraih medali perak olimpiade Beijing untuk bermain rubber set.

Pada set pertama Nova Widianto/Lilyana Natsir meski jarang melakukan smes, mampu bermain cantik dan menyudahinya dengan 21-12. Memasuki set kedua, pasangan Denmark bangkit dan mampu melepaskan diri dari tekanan yang dibuat pasangan Indonesia. Jeda set kedua, pasangan Denmark unggul jauh 11-3. Setelah angka 12-4, Keadaan berbalik. Pasangan Indonesia mulai mendapatkan banyak angka sementara perolehan angka pasangan Denmark mulai sedikit tersendat. Sedikit demi sedikit pasangan Denmark terkejar perolehan angka sampai 20-19. Namun perjuangan pasangan Indonesia di set kedua harus terhenti, pasangan Denmark mampu menutupnya dengan 21-19.

Nova Widianto/Lilyana Natsir mengawali set ketiga dengan bermain apik. Pasangan Indonesia ini sempat memimpin dengan 5-1. Pasangan Denmark tak mau kalah. Mereka mampu menyalib perolehan angka menjadi 8-6. Meski sempat disamakan menjadi 8-8, pasangan Denmark tetap mampu memimpin perolehan angka, termasuk pada point kritis 20-16. Mental pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir benar-benar teruji. Jika pasangan Denmark mampu mencuri hanya satu angka saja maka merekalah yang akan maju ke semifinal. Tetapi kenyataaanya pasangan Denmark tak mampu mendapatkan angka meski hanya satu. Dengan mental juara, Pasangan Indonesia justru mampu mengunci perolehan angka pasangan Denmark dan menutup set penentuan dengan memperoleh enam angka secara berurutan menjadi 22-20. Dengan kemenagan ini, Nova Widianto/Liliyana Natsir memperpanjang rekor kemenangan atas pasangan Denmark ini menjadi 3-1. Di babak semifinal yang akan dilangsungkan pada hari sabtu [18/9], Nova Widianto/Liliyana Natsir akan menghadapi salah satu pasangan tuan rumah China Chen Xu/Yu Yang.

Perjuangan ganda putri Indonesia Meliana Jauhari/Greysia Polii harus menyerah dari unggulan utama asal china taipei harus terhenti pada babak perempat final. Ganda putri nomor satu Indonesia ini kembali harus menyerah pada unggulan utama asal China Taipei Wen Hsing Cheng/Yu Chin Chien. Meliana/Greysia dipaksa menyerah setelah berjuang rubber game selama 44 menit. Set pertama mampu di curi pasangan Indonesia dengan 21-19. Di dua set berikutnya ganti pasangan Indonesia kalah dengan 14-21, 18-21. (AR)