Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Fran/Pia Tembus Perempat Final
24 September 2010
Fran/Pia Tembus Perempat Final
 
 

Fran Kurniawan/Pia Zebadiah mampu menembus babak perempat final Japan Open Super Series 2010 bersama dengan Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa. Pasangan Korea Selatan Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung yang menjadi lawan Fran/Pia di babak kedua dibuat tidak berkutik dan kalah straight set. Di set pembuka Fran/Pia mampu mendikte pasangan Korea Selatan dengan hanya memberikan kesempatan sekali saja pada pasangan Korea Selatan untuk menyamakan kedudukan saat angka menunjukkan 2-2. Selebihnya Fran/Pia merajalela melepaskan smes keras untuk mengumpulkan angka. Set pertama Fran/Pia menutupnya dengan 21-14.

Memasuki set kedua pasangan Korea Selatan berusaha bangkit. Mereka mampu mencuri angka pertama di set kedua. Fran/Pia selanjutnya merengkuh lima angka hanya dalam sekali service. Pasangan Korea Selatan mampu dua kali menyamakan kedudukan. Setelah angka sama terakhir pada 10-10, Fran/Pia terus berada di depan dalam perolehan angka, sementara pasangan Korea Selatan hanya bisa mendekati tanpa mampu menyamakan kedudukan. Frans Kurniawan/Pia Zebadiah akhirnya merebut set kedua dengan 21-18 dan akan menantang unggulan ketujuh asal China Taipei Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing. Pasangan China Taipei ini lah yang menghentikan langkah pasangan ganda campuran Indonesia lainnya Markis Kido/Lita Nurlita dengan 19-21, 21-14, 21-14. Bagi Fran Kurniawan/Pia Zebadiah, pertemuan mereka dengan pasangan China Taipei ini akan menjadi partai balas dendam. Saat kejuaraan Li Ning Singapore Open Super Series 2010 lalu, Fran/Pia menyerah rubber set pada babak pertama.

Turut melangkah ke babak perempat final pasangan Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa. Unggulan kedua ini menang atas pasangan Hongkong Wong Hai Hong/Chau Hoi Wah dengan 21-9, 21-19. Tiket menuju babak semifinal harus dilalui dengan menghadapi pasangan China Tao Jiaming/Tian Qian.

Sementara itu pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir kembali gagal. Setelah mendapat bye di babak pertama, peraih medali perak olimpuiade Beijing ini takluk saat menghadapi pasangan China Nan Zhang/Yunlei Zhao dengan 21-11, 21-11.

Tunggal Indonesia Habis

Pemain tunggal terakhir Indonesia yang bertahan di babak kedua, Alamsyah Yunus, akhirnya ikut kandas. Pada perebutan tiket babak perempat final, Alamsyah bermain menghadapi Chen Long. Alamsyah sempat melakukan perlawanan di awal game pertama. Ia sempat memimpin 8-6, sebelum akhirnya berhasil disamakan oleh rangking delapan dunia tersebut, dan berbalik tertinggal 9-11 di interval. Setelah interval, Alam malah kehilangan tiga angka berturut-turut hingga ia tertinggal 9-14, sempat mempersempit ketertinggalan dengan 14-15, tetapi Alam gagal menyalip perolehan angka Chen, ia menyerah 15-21.

Memasuki game kedua, Alam langsung tertinggal 0-3, dan semakin jauh tertinggal di paruh kedua ini, 2-7. Pertahanan ulet ala Alam ternyata tak mampu mengimbangi hujan smes yang dilancarkan Chen, tercatat Chen berhasil mencuri 10 angka dari smes-smes kerasnya. Setelah kedudukan 8-9, itulah gap terkecil yang terjadi di sepanjang babak ini, penghuni rangking 40 dunia itu tak mampu mengejar, ia terus tertinggal 8-11 di interval, 9-16, dan akhirnya perjuangan ia harus terhenti di angka 12 saat lawannya telah menyentuh angka 21.
Dengan demikian Indonesia sudah tidak memiliki wakil lagi di nomor tunggal. Sementara itu pertarungan di tunggal putra pasti masih akan terus seru. Chen Long akan menantang pebulutangkis Thailand, Boonsak Ponsana yang berhasil menumbangkan tunggal Perancis, Loo Ying Ping Mathew dengan 21-19 dan 21-6. Pemenang pertandingan ini harus sudah siap untuk ditantang pemenang partai ketat antara Lee Chong Wei dari Malaysia yang akan melawan Bao Chunlai.

Sementara di draw bawah, Lin Dan sukses meneguk kemenangan hari ini dari Yun Hu. Ia yang diunggulkan ditempat ke lima ini, berhasil lolos dengan dua game langsung, 21-17 dan 21-14. Ia akan menantang Park Sung Hwan, dan ini akan menjadi pertemuan kedua mereka di 2010 setelah pada bulan lalu mereka berhadapan di Kejuaraan Dunia, dimana kala itu Park yang berhasil menang.

Pertarungan Park vs Lin, akan memperebutkan tiket untuk menantang antara Tien Minh Nguyen atau Peter Hoeg Gade. Tien berhasil menang atas Jan O Jorgensen dengan 21-11 dan 22-20, sedangkan Peter menang atas pebulutangkis kualifikasi asal tuan rumah, Takuma Ueda dengan 21-3, 17-21 dan 21-12.