Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tiga Tunggal Putra di Semifinal
27 November 2010
Tiga Tunggal Putra di Semifinal
 
 

Makassar - Putra-putra yang diasah di GOR Jati Kudus menunjukkan ketangguhannya di babak perempat final. Ketiga wakil yang tersisa setelah Rudi Cahyadi Budhiawan gugur, terus melaju ke babak empat besar.

Kubu Jawa Tengah sempat dibuat cukup tegang, saat unggulan pertama, Riyanto Subagja nyaris mengalami kekalahan dari atlet DKI Jakarta, Fikri Ihsandi Hatmadi. Riyanto sempat tertinggal 0-5 di awal game setelah beberapa bola yang ia lancarkan malah keluar ataupun menyangkut. Tetapi kemudian dia menggeber kemampuannya untuk bisa menyamakan kedudukan di angka ke 10. Keduanya terus kejar-mengejar angka, bahkan Riyanto sempat tertinggal 19-20. Tetapi ia kemudian berhasil membuat keadaan menjadi imbang. Tak berhenti disitu, Riyanto beberapa kali tertinggal sampai akhirnya ia terus memaksakan deuce dan baru menyelesaikan game pertama ini dengan 26-24.

Memasuki game kedua, Riyan tak memberikan lagi celah kepada Fikri. Dengan sigap ia terus memimpin perolehan angka, wajahnya yang rupawan nampaknya membuat gadis-gadis di GOR Sudiang meneriakkan namanya seiring dengan kemenangannya 21-16.

“Tadi saat dipanggil saya baru datang, jadi memang belum panas dan ditambah juga ini pertama kali saya bermain di GOR ini, jadi saya harus kembali beradaptasi dengan lapangan,” papar Riyanto.

Di babak semifinal nanti ia akan bersua dengan Shesar Hiren Rustavito, rekan satu timnya. Vito, begitu ia kerap disapa, harus mengurai tiga game untuk bisa menghentikan langkah Fajar Sidik dari Jawa Barat. Vito tertinggal 18-21 di game pertama, tetapi ia dengan mudah menyelesaikan game kedua dengan 21-9. Game penentuan berlangsung seru, kejar mengejar angka tak bisa dihindari, sempat tertinggal 8-11 di interval, Vito berhasil mengejar ketertinggalannya dan berhasil membalikkan keadaan untuk memimpin 16-14. Ia pun “membeli” tiket semifinal dengan 21-17.

Di partai lainnya, Arief Gifar Ramadhan akan ditantang oleh musuh bebuyutannya, Wisnu Yuli Prasetyo yang mewakili Jawa Timur. Gifar berhasil menang 21-10 dan 21-16 atas Roni Aditya Wicaksono dari Jawa Timur. Sedangkan calon rivalnya nanti di semifinal, Wisnu Yuli berhasil menghentikan Setyaldi dari Jawa Barat dengan 21-10 dan 21-12. Pertemuan ini dipastikan akan berlangsung seru, setelah di pertemuan terakhir di Djarum Sirnas Bali Gifar berhasil membalas kekalahannya di Piala Walikota Surabaya.

Ganda Taruna Putra, Kenas Adi Haryanto/Sigid Sudrajad memberikan kejutan. Pemain non unggulan ini berhasil menembus babak semifinal setelah berhasil memenangkan perebutan tiket dengan Ali Akbar/Apid Rosidin unggulan 3/4 dari Jawa Barat. Kenas/Sigid berhasil menang dua game langsung, 21-14 dan 21-13.

Di semifinal nanti mereka akan bersua dengan Ade Yusuf/Rizky Hidayat dari Jawa Timur yang menyingkirkan Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto dengan 11-21, 21-19 dan 21-14. Menghadapi pertandingan semifinalnya, Kenas mengakui bahwa ia tidak menyangka bisa melangkah sejauh ini, apalagi dirinya memang tidak diunggulkan di Kejurnas ini.

“Tidak menyangka bisa sejauh ini, kesempatan untuk lolos ke final masih 50:50, yang penting saya yakin saja sama kemampuan saya, dan bermain sebaik mungkin,” papar Kenas.
Sementara di pool atas, Jones Ralfy Jansen/Dandi Prabudita berhasil mengatasi Hafiz Faisal/Putra Eka Roma dari DKI Jakarta dengan 21-18 dan 21-19. Mereka akan menantang satu-satunya wakil non Jawa, Alpacino Koto/Christian Gosal dari Kepulauan Riau yang menghentikan langkah Hardianto/Ivandi Danang dari Jawa Barat dengan 21-18 dan 21-11.

Jones juga masih mewakili Jawa Tengah bersama dengan Nurbeta Kwanrico setelah menang atas Ade Yusuf/Ni Ketut Mahadewi dari Jawa Timur dengan 21-13 dan 21-17. Ia pun masih ditemani oleh Praveen Jordan/Gloria Emanuelle Widjaja yang unggul atas M Andrean/Aan Dwi C dari DKI Jakarta, mereka menang dengan 21-18 dan 21-14.

Jawa Tengah juga masih diwakili di nomor Tunggal Taruna Putri oleh Yeni Asmarani yang menundukkan Dian Fitriani, 21-14 dan 21-13. Ia ke semifinal bersama dengan Dinar Dyah Ayustine yang menekuk Melvira Oklamona dari Jawa Barat dengan 21-7 dan 21-18. Sementara itu, tiga ganda putri Jawa Tengah harus tersingkir dari Kejurnas setelah kalah bersaing bersama rival abadi masing-masing dari DKI Jakarta.

Jadwal Pertandingan Kejurnas Makassar 2010

Gallery Pertandingan Kejurnas Makassar 2010