Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Pengalaman Berharga Perdana di Eropa
08 Oktober 2011
Pengalaman Berharga Perdana di Eropa
 
 

Langkah Thomi Azizan Mahbub dan Kho Henrikho Wibowo akhirnya dihentikan oleh pemain senior Eropa di babak pertama kejuaraan Bulgarian International 2011 yang berlangsung kemarin (7/10) di Sofia, Bulgaria. Pengalaman pertama bermain di Eropa, perlu lebih cepat beradaptasi.

“Dia [Lang Ville – red] tipe pemain reli, banyak lob,” ujar Thomi kemarin mengenai lawannya Lang Ville, unggulan kelima asal Finlandia. “(Saya jadi) tidak sabar sendiri.”

Thomi kalah 13-21 dan 16-21 dari Lang Ville setelah bergulat selama 34 menit. Ia mengatakan bahwa sebenarnya dari segi permainan tidak berbeda jauh, hanya saja ia sendiri kurang sabar saat diajak bermain reli oleh Lang.

Pengalaman Kho juga tak banyak berbeda. Menghadapi pemain nomor satu Ceko, Petr Koukal, ia akhirnya harus menerima kekalahannya 14-21, 13-21 setelah berjuang selama 28 menit.

Bulgarian International 2011 adalah kejuaraan Eropa pertama yang diikuti oleh kedua Taruna PB Djarum yang masih berusia 17 tahun ini. Thomi mengatakan bahwa ia masih membutuhkan waktu adaptasi untuk dapat terbiasa dengan kondisi di Eropa. Semoga dengan bertambahnya pengalaman, maka mereka akan semakin terasah untuk menjadi generasi masa depan bulutangkis Indonesia.

Hanya segelintir negara Asia yang mengikuti Bulgarian International 2011. Selain Indonesia yang mengirim dua wakil di tunggal putra adalah Malaysia, India, dan Taipei. Malaysia hanya memiliki satu perwakilan, yakni, Tan Chun Seang di tunggal putra yang sejauh ini mampu melaju ke babak kedua. Chun Seang saat ini hanya diperbolehkan bermain di kawasan non-Asia karena ia mengundurkan diri dari tim nasional Malaysia pertengahan tahun ini.

India dan Taipei sendiri mengirimkan banyak pemain di seluruh partai yang ada. Masing-masing mengirim total delapan wakil. (DC)