Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Indonesia Garuda Maju Ke Final
02 April 2012
Indonesia Garuda Maju Ke Final
 
 

Tim bulutangkis Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Garuda berhasil menerobos babak final dalam kejuaraan Axiata Cup 2012. Bertanding menghadapi tim Malaysia Tiger pada babak semifinal leg kedua yang di langsungkan di Malaysia, Indonesia Garuda berhasil menang dengan angka sempurna 3-0.


Susunan pemain yang di turunkan oleh Indonesia Garuda sedikit berbeda dari pertandingan sebelumnya. Simon Santoso yang sejak awal diistirahatkan, kini di turunkan sebagai tunggal pertama. Taufik Hidayat menjadi pemain tunggal putra kedua. Di nomor ganda putra, tugas kembali di emban oleh pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang selalu  bermain baik di pertandingan sebelumnya.


Bertanding untuk pertama kalinya pada turnamen Axiata Cup 2012, Simon Santoso sukses mempersembahkan satu angka kemenangan bagi tim Indonesia Garuda. Menghadapi tunggal pertama Daren Liew, Simon bermain dengan baik. Ia mampu menang dalam dua game.


Sejak game pertama di mulai Simon bermain agresif. Ia pandai memainkan tempo permainan. Kadang bermain rally dan tiba-tiba ia bermain menyerang. Serangannya pun bervariasi. Hal ini yang membuat pemain Daren Liew seperti kebingungan menghadapi Simon. Game pertama pun bisa di rebut Simon dengan relatif mudah. Simon menang dengan 21-11 setelah bola yang di lepaskan oleh pemain Malaysia Tiger melebar bidang kanan lapangan Simon.


Memasuki game kedua, pemain Malaysia mulai bisa membaca pola permainan Simon. Ia mampu memberikan perlawanan, terutama di awal game kedua. Jalannya pertandingan pun berlangsung seru, dan perolehan angka berjalan sangat ketat. Simon yang sempat tertinggal sampai 11-13, merubah pola permainan dari rally menjadi sedikit agresif. Perubahan ini membuat pemain Malaysia Tiger terkejut dan mulai banyak melakukan kesalahan. Simon pun akhirnya menang di game kedua dengan 21-14.


Di ganda putra, mempertemukan pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan ganda Malaysia Tiger Goh V Shem/Llim Kim Wah. Kedua pasangan ini mempertunjukkan permainan ganda yang mengesankan. Meski sempat menang dari pasangan yang sama pada babak semifinal leg pertama yang di langsungkan di Jakarta, tetap tidak mudah bagi pasangan Indonesia untuk mengalahkan pasangan dari Malaysia Tiger ini.


Di game pertama pasangan dadakan Indonesia Garuda menang dengan 24-22. Di game kedua, pasangan Malaysia Tiger langsung merebut tiga angka awal dengan 3-0. Di perebutan angka selanjutnya, angka berjalan beriringan rapat, tetapi pada jeda game kedua pasangan Indonesia tercecer dengan 7-11. Pasangan Malaysia yang memimpin hingga 20-18 rupanya tak mampu menyelesaikan game kedua dengan sempurna. Pasangan Indonesia bisa membuat pertandingan berjalan deuce setelah hanya dengan satu kali service bisa mendapatkan dua angka menjadi 20-20. Kemenangan akhirnya menjadi milik Indonesia setelah dua angka tersisa bisa di rebut dengan 22-20.


Di partai terakhir, Taufik Hidayat masih terlalu tangguh bagi pemain muda Malaysia Tiger Mohammad Arif Abdul latif. Taufik menang relatif mudah dengan 21-10, 21-7.


Dengan keberhasilan ini, maka bada babak final terjadi All Indonesia Final. Tim Indonesia Garuda akan bertemu dengan tim Indonesia Rajawali. (AR)