Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Pembagian Kelompok Umur Dalam Bulutangkis
04 April 2017
Pembagian Kelompok Umur Dalam Bulutangkis
 
 

Seorang yang berkiprah sebagai atlet bulutangkis di Indonesia, sebagian besar merintis prestasinya sejak usia masih sangat muda. Ada yang mulai mengayunkan raket di kisaran usia 4-5 tahun. Setelah masuk usia sekolah (kurang lebih tujuh tahun), banyak diantara sudah mulai mencoba ikut pertandingan. Pertandingan untuk level junior dalam bulutangkis, dibagi dalam berbagai kategori kelompok usia. Bagaimanakah pengelompokkannya?

Turnamen kelompok umur dimulai dari kategori  “usia dini” yang diperuntukkan bagi atlet berumur dibawah 11 tahun. Kemudian meningkat ke kategori “anak-anak” bagi atlet yang berusia dibawah 13 tahun. Selanjutnya, kategori pemula untuk atlet berusia dibawah 15 tahun. Di tingkat nasional, atlet pemula dan anak-anak dapat berkompetisi di Sirkuit Nasional Milo School Competition.

Lalu diajang Djarum Sirkuit Nasional, diselenggarakan tiga kategori yakni remaja, taruna dan dewasa. Remaja diperuntukkan bagi atlet berumur dibawah 17 tahun, taruna untuk atlet berumur dibawah 19 tahun dan dewasa diikuti bebas oleh semua atlet. Atlet diperkenankan ikut bertanding di kelompok usia diatasnya tetapi tidak bisa mengikuti kelompok usia dibawahnya.

Pembagian kelompok umur juga dipakai diberbagai kejuaraan junior internasional. Sebagai contoh, tahun 2016 lalu, Indonesia menjadi penyelenggara Jakarta Open Junior International  U15 & U17, Indonesia Junior Grand Prix U15, U17 & U19 serta Asia Youth U15 & U17. Yang dimaksud U15 adalah “Under 15” atau berumur dibawah 15 tahun atau seperti kategori pemula kalau di turnamen domestik. Demikian seterusnya. Tahun 2017 ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah dua turnamen Junior bergengsi yakni Asia Junior Championships dan World Junior Championships. Kedua turnamen hanya mempertandingkan kategori U19 (Under 19).

Pembagian kategori umur juga dipergunakan dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis. Untuk tahun 2017 ini, klub PB Djarum memilih calon atlet untuk kategori U13 dan U11. Untuk U13 (under 13), diperuntukkan untuk atlet tahun kelahiran maksimal 2005 atau 12 tahun. Sedangkan untuk U11 (under11) diperuntukkan untuk atlet tahun kelahiran maksimal 2007 atau 10 tahun.

Dengan adanya kategori kelompok umur ini, atlet cilik bisa mengukur kemampuannya dengan atlet sebaya. Namun tidak tertutup kemungkinan bagi atlet memiliki kemampuan lebih, untuk mengikuti kelompok umur diatasnya. (Hendri.K)