Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Legenda Bulutangkis Christian Hadinata Berikan Dukungan Penuh Untuk Tim AFF Indonesia di Final
29 Desember 2021
Legenda Bulutangkis Christian Hadinata Berikan Dukungan Penuh Untuk Tim AFF Indonesia di Final
 
 

Demam kompetisi sepak bola Piala AFF 2021, juga menyebar ke kalangan insan bulutangkis Indonesia. Salah satunya yaitu legenda bulutangkis Indonesia, Christan Hadinata. Mantan pebulutangkis era 70-an hingga 80-an itu ternyata sangat gemar menonton pertandingan sepak bola sejak dulu.

"Saya sih gemar nonton bola sudah sejak dulu. Hiburan di kala istirahat dari latihan atau pertandingan bulutangkis. Dan sejak tidak lagi menjadi atlet dan pelatih, pertandingan sepak bola adalah tontonan wajib saya yang kedua setelah bulutangkis," kata Christian.

Mengomentari soal penampilan tim Indonesia di Piala AFF tahun ini, juara dunia 1980 itu sangat mengapresiasi perjuangan skuad merah putih.

" Luar biasa keberaniannya hebat banget. Lawan keras di ladenin, dan yang saya tonton di TV itu fisiknya luar biasa, 
mereka hampir nggak ada kendornya ,
" kata Christian.

Sejak laga Indonesia di fase grup hingga terakhir di semifinal melawan Singapura, Christian tak pernah terlewat untuk menonton pertandingannya. Diakui pria berusia 72 tahun ini, dirinya sangat tegang ketika tim Indonesia melawan Singapura di leg kedua di semifinal.

" Wah paling menegangkan sejauh ini sih waktu semifinal leg kedua. Sebenarnya waktu kedudukan 2-2 terus Singapura dapat fiinalty di menit-menit akhir, saya belum merasa kalah. Karena kalau penalti kan masih ada persentase tidak goal walaupun sedikit kemungkinannya. Dan saya senang sekali waktu kipper Nadeo Argawinata mampu menepis tendangan penalti. Dari situ sudah keliatan Singapura sangat terpukul. Dan sebaliknya mental pertandingan tim Indonesia semakin baik, dan pelatihnya pun memberikan strategi yang baik, " papar Christian.

Dengan hasil imbang 1-1 di leg pertama dan menang 4-2 di leg kedua kontra Singapura di semifinal, selanjutnya tim merah putih akan berlaga di final melawan tim tangguh Thailand. Pertandingan final akan berlangsung pada dua leg. Leg pertama, Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB, dan leg kedua, Sabtu (1/1/2022).

"Kemarin Thailand agak nyimpen tenaga setelah leading 2-0 di leg 1 semifinal melawan Vietnam. Kita berharap tim kita bisa pulih dari segi fisik, karena pertandingan leg pertama itu penting banget bisa menentukan juara. Dan kalau melihat skill kedua tim Indonesia dan Thailand sama-sama lengkap di semua lini, " ungkap Christian.

Pokoknya semangat untuk tim Indonesia di Final! ” pungkas Christian. (AH)