Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Bernadine Sempat Tak Lulus Audisi Umum
07 Maret 2022
Bernadine Sempat Tak Lulus Audisi Umum
 
 

Pebulutangkis putri kelahiran Klaten, 30 April 2006, Bernadine Anindya Wardana, adalah salah satu atlet berbakat binaan PB Djarum yang saat ini bermain di sektor ganda.

Bernadine sendiri mulai bergabung di PB Djarum pada 2018 silam. Perjuangan yang ia lewati untuk bisa menjadi atlet PB Djarum tidaklah mudah. Jauh dari orang tua sejak kecil, tak menyurutkan semangat Bernadine untuk mengejar mimpinya, menjadi atlet bulutangkis handal.

Orang tua saya kerja di Jakarta dan saya latihan bareng kakak dianter sama kakek di Klaten. Dulu awalnya saya ikut kakak latihan bulutangkis, terus pengen nyoba-nyoba. Pertama ditanya sama papa suruh nanya ke kakek boleh latihan atau enggak. Terus kata kakek bilang enggak boleh karena masih kelas 2 SD. Tapi saya bohong ke orang tua dan bilang kalau kakek bilang boleh,” ungkap Bernadine menceritakan awal mula bermain bulutangkis.

Setelah itu, Bernadine pun mulai fokus latihan bulutangkis dan bergabung dengan salah satu klub lokal yang ada di Klaten.

Dan akhirnya ikut latihan seminggu 2 kali, dan lama-lama ngerasa bagus. Terus saya ikut private dan masuk klub Inti Badminton Club (IBC) Klaten kurang lebih 2 tahun,” ungkapnya.

Bernadine pun mencoba perutntungan dengan ikut Audisi Umum Beasiswa Bulugtangkis.

Lalu saya ikut audisi umum di Solo, dan nggak lolos tahap pertama (screening). Setelah itu Mama saya bilang enggak usah masuk PB Djarum. Terus, sempat masuk PB Jaya Raya dan Champion Kalten. Terus ikut lagi audisi umum di Kudus dan ditanyain Koh Yoppy. 'Kira-kira mau masuk PB Djarum sekarang atau setelah lulus SD?’ Terus saya bilang setelah lulus SD saja dan saya masuk PB Djarum pas kelas 1 SMP,” papar Bernadine.

Sejak tahun 2018 hingga saat ini, prestasi Bernadine pun cukup menjanjikan. Berikut deretan prestasi Bernadine selama bermukim di PB Djarum:

- Juara Liga PB Djarum II 2020 (Ganda Campuran U-17)

- Juara Liga PB Djarum 2020 (ganda pemula putri)

- Juara Liga PB Djarum 2020 (tunggal pemula putri)

- Juara Daihatsu Astec Sumatera Utara Open 2020 (ganda pemula putri)

- Juara Daihatsu Astec Sumatera Utara Open 2020 (tunggal pemula putri)

- Juara Daihatsu Astec Regional Junior U13,U15,U17 2019 Yogyakarta (ganda putri U15)

- Juara Djarum Sirnas Premier Jawa Tengah Open 2019 (ganda pemula putri)

- Juara Walikota Cirebon Open 2019 (tunggal pemula putri)

- Juara Daihatsu Astec Yogyakarta Open 2018 (tunggal anak-anak putri)

(AH)