Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Syabda Perkasa Belawa Berpulang
20 Maret 2023
Syabda Perkasa Belawa Berpulang
 
 

Kabar duka menyelimuti dunia bulutangkis. Senin (20/3) pagi tadi, pebulutangkis muda tanah air, Syabda Perkasa Belawa dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan dalam perjalanan dari Jakarta menuju Sragen, Jawa Tengah.

Pagi tadi sekitar waktu subuh saya dapat informasi dari Kakak Syabda, kalau Syabda dan Ibunya meninggal dunia saat perjalanan ke Sragen untuk berziarah ke neneknya yang baru meninggal. Kakaknya sendiri menderita patah tulang kaki, sedangkan ayah Syabda yang juga ada dalam satu mobil itu saat ini sedang kritis di rumah sakit dekat dengan tempat kecelakaan,” ungkap Yuni Kartika yang merupakan Penasihat Teknik PB Djarum.

Syabda merupakan pebulutangkis potensial Indonesia. Syabda merupakan atlet lulusan Audisi Umum PB Djarum 2013. Semasa junior, prestasi Syabda cukup membanggakan. Salah satunya ia pernah menjuarai ajang Jakarta Junior International Series 2019 dan menjadi bagian dari skuad merah putih yang memenangkan Piala Suhandinata pada tahun 2019.

Tak sampai di situ, Syabda sempat membela tim Indonesia pada Piala Thomas 2022. Ia tidak hanya ikut serta, tapi juga ketika itu Syabda berhasil mencuri perhatian di antara wakil unggulan Indonesia lainnya, dengan menjadi penentu kemenangan Indonesia di laga terakhir penyisihan Grup A, melawan Korea.

Terakhir, Syabda berhasil meraih satu gelar juara di ajang Iran Fajr International Challenge 2023. Syabda meraih gelar juara setelah mengalahkan wakil Malaysia, Justin Hoh, di partai puncak.

Selamat jalan, Syabda. Jakarta, 25 Agustus 2001 – 20 Maret 2023. (AH)