Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Puasa Tak Menyurutkan Semangat Yasmin Berlatih
03 April 2023
Puasa Tak Menyurutkan Semangat Yasmin Berlatih
 
 

Berpuasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah wajib yang harus dijalani bagi kaum muslim yang sudah memenuhi syarat. Tak terkecuali bagi atlet bulutangkis PB Djarum, Shaafiya Yasmin Maitsaa. Gadis berusia 15 tahun ini termasuk salah satu yang diwajibkan berpuasa karena sudah baligh.

Meski Yasmin harus menjalani berbagai program latihan normal seperti biasanya, namun pemain tunggal putri kelahiran Sleman, 27 Maret 2008 itu, tetap mencoba untuk menjalani rukun islam yang ke-4 tersebut.

Insha Allah sampai hari ini saya puasa. Ya memang cukup sulit tantangannya menjalani puasa sambil latihan. Tetapi saya berusaha untuk terus menjalaninya. Dan ini untuk pertama kalinya saya puasa, sambil latihan. Tahun-tahun sebelumnya saya sempat mencoba, tetapi sering tidak kuat,” ungkap lulusan Audisi Umum PB Djarum 2018 itu.

Yasmin pun mengatakan jika waktu berbuka tiba, ada rasa bangga tersendiri yang ia rasakan.

Dengan latihan normal seperti ini, terus pas buka puasa itu kayak ngerasa berhasil gitu, lega banget rasanya ada kebanggaan tersendiri bisa melewatinya,” tutur Yasmin.

Ia pun mempunyai tips agar tetap kuat menjalai ibadah puasa sambil latihan.

Tipsnya makan sahur harus tetap di jaga kayak minum susu, makan roti, dan minum vitamin. Terus juga harus bisa menjaga kondisi, pola tidurnya harus benar. Semoga tahun ini bisa terus berpuasa sambi latihan selagi tidak datang halangan,” jelas Yasmin.

Lantas mengapa porsi latihan saja yang tidak dikurangi Yasmin? dan ternyata alasannya yaitu mengingat turnamen setelah lebaran nanti cukup padat, yang membuat Yasmin harus tetap menjaga performanya di lapangan.

Saya tetap latihan normal dan maksimal saat puasa, karena setelah lebaran nanti cukup padat turnamen yang harus diikuti,” tutup Yasmin. (AH)