Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Ukuran Lapangan Bulutangkis Standar Internasional
27 April 2023
Ukuran Lapangan Bulutangkis Standar Internasional
 
 

Federasi Bulutangkis Internasional (BWF) telah menentukan ukuran lapangan bulutangkis dengan standar internasional dalam peraturan. Lapangan bulutangkis memiliki panjang 13.40 meter, sementara lebar lapangan bulu tangkis adalah 6.10 meter.

Kemudian, garis servis depan dari net jaraknya adalah 1,98 meter. Jarak garis servis belakang dari garis belakang lapangan untuk permainan ganda adalah 0,76 meter.

Sementara garis samping untuk permainan tunggal ke garis pinggir lapangan berjarak 0,46 meter. Luas garis servis kanan dan kiri adalah 5.18 meter.

Untuk permainan tunggal atau ganda, seperti yang sudah diketahui bahwa lapangan bulutangkis terdapat dua garis, baik yang di dalam dan di luar, di samping maupun di belakang. Berikut ketentuannya:

Ukuran Lapangan Bulutangkis Nomor Tunggal

Untuk pertandingan tunggal, baik putra maupun putri, area permainan garis lapangan bagian dalam dengan ukuran yaitu panjang garis lapangan bulutangkis tunggal adalah 13,40 meter, lebar bidang permainan 5,18 meter, panjang bidang penerima servis 4,72 meter, dan lebar bidang penerima servis 2,59 meter.

Selain itu, jarak garis service ke sisi lapangan luar pada tunggal yaitu 3,96 meter. Luas lapangan bulu tangkis untuk permainan tunggal yang berstandar internasional adalah 61,53.

Ukuran Lapangan Bulutangkis Nomor Ganda

Pertandingan bulutangkis ganda baik ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran ini memiliki ukuran garis bagian luar dengan ukuran berupa panjang bidang permainan 13,40 meter, lebar bidang permainan penerima servis 3,96 meter, dan lebar bidang penerima servis 3,05 meter.

Selain itu, jarak garis service ke sisi luar lapangan pada permainan ganda yaitu 4,72 meter. Luas lapangan bulu tangkis untuk permainan ganda yang berstandar internasional yaitu 81,74 meter. (NAF/detik/dbs)