Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Outbound PB Djarum 2024] Ini 3 Aspek Psikologis yang Diperlukan Atlet Bulu Tangkis Sebagai Penunjang Prestasi
14 Januari 2024
[Outbound PB Djarum 2024] Ini 3 Aspek Psikologis yang Diperlukan Atlet Bulu Tangkis Sebagai Penunjang Prestasi
 
 

Setelah melakukan pantauan insentif dalam kegiatan Outbound PB Djarum 2024 yang berlangsung pada 10-12 Januari 2024 di Zone 235 Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat, tim Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Universitas Padjadjaran, menemukan beberapa penilan khusus bagi para atlet.

Rt. Annissa Apsyari selaku Psikolog di Bidang Layanan Asesmen & Intervensi dari Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran mengatakan, jika para atlet PB Djarum sudah memiliki keberanian untuk mencoba mengalahkan dirinya sendiri.

Selama pengamatan saya, mereka sudah memiliki keberanian untuk mencoba mengalahkan dirinya sendiri, mengalahkan rasa takut ketika menghadapi tantangan, mereka siap untuk menerima tantangan baru bagi mereka. Walaupun muncul rasa takut, mereka berhasil mengelolanya,” papar Annissa.

Untuk para atlet, pengelolaan diri ketika dihadapkan pada situasi yg dirasa menekan. Namun pengelolaan ini merupakan suatu proses yg cukup panjang, tentunya ada pendampingan baik dari sisi teknik dan sisi psikologisnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Annisa juga saat mengisi sesi malam akrab (Makrab) pada Jumat (12/1), menuturkan  ada 3 aspek psikolois yan harus dimiliki para atlet, demi menunjang prestasinya.

Saya wrap up sesi kegiatan yang sudah dilakukan selama 2 hari kegiatan outbond, yang saya sampaikan adalah poin-poin penting terkait dengan apa yang perlu dimiliki olh para atlet, yaitu ketangguhan, fleksibilitas, resiliensi. Ketiga hal tersebut dibutuhkan oleh para atlet untuk memiliki mental juara, siap bertanding di berbagai situasi dan kompetisi yang akan diikuti oleh para atlet sehingga mereka siap secara teknik maupun kondisi psikologisnya,” tutup Annisa. (AH)