Turnamen Nasional
Home > Berita > OLIMPIADE RIO > [Olimpiade 2016] Greysia/Nitya Pun Pastikan Tiket Perempat Final
13 Agustus 2016
[Olimpiade 2016] Greysia/Nitya Pun Pastikan Tiket Perempat Final
 
 

Dua kemenangan yang berhasil diraih oleh ganda campuran Indonesia pada Jum’at (12/8) malam dan Sabtu (13/8) dini hari waktu Indonesia, berhasil diikuti oleh ganda putri wakil Indonesia di Olimpiade 2016. Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari berhasil memenangkan laga kedua mereka di Riocentro Pavilion 4. Greysia/Nitya melakoni laga kedua penyisihan Grup C dengan berjumpa wakil Inggris Raya, Heather Olver/Lauren Smith. Mereka berhasil menang dengan skor meyakinkan 21-10 dan 21-13.

Di sepanjang laga, Greysia/Nitya berhasil tampil solid. Mereka pun sukses meraih angka demi angka setelah berbagai kesalahan dilakukan oleh Olver/Smith. “Greysia/Nitya mainnya oke di game pertama, sudah benar dengan bola-bola setengah smash. Namun pola ini diantisipasi lawan pada game kedua, sehingga perolehan angka jadi imbang. Jadi saya instruksikan mereka untuk ubah strategi banyak beri bola-bola panjang ke belakang,” kata Eng Hian, pelatih Greysia/Nitya seperti dilansir oleh badmintondonesia.org.

Usai menang telak 21-10 di game pembuka, Greysia/Nitya sempat tertinggal 1-4 di paruh awal pertandingan. Tetapi akhirnya mereka bisa menyamakan kedudukan diangka 6 dan terus unggul 16-12 sebelum mengakhiri laga.

“Masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dari penampilan Greysia/Nitya, terutama dari faktor non teknis. “Pola kami yang setengah smash sudah terbaca, jadi kami tidak menggunakan strategi itu lagi. Kami arahkan ke badan lawan dan sebagainya,” ” imbuh Eng.

Greysia/Nitya menyisakan satu laga di babak penyisihan. Di laga yang dijadwalkan 18.15 waktu Indonesia, peraih medali emas Asian Games ini akan berjumpa  (13/8) Vivian Kah Mun Hoo/Woon Khe Wei, untuk menentukan posisi juara grup.

“Penampilan kami hari ini lebih baik, lebih bisa menyesuaikan dengan kondisi lapangan. Tadi kami bisa mengatasi rasa nervous saat lawan memimpin perolehan angka, kami tetap tenang. Semoga besok-besok kami bisa lebih solid dalam mengatasi kondisi seperti ini. Soal persiapan, kami mau lebih jaga pikiran, kontrol diri, jaga hati,” jelas Greysia.

Berikut jadwal pertandingan pebulutangkis Indonesia di babak penyisihan hari ketiga Olimpiade Rio 2016:

13 Agustus 2016

19.00 WIB: Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan [Indonesia] vs  Chai Biao/Hong Wei [Tiongkok]
19.35 WIB: Greysia Polii /Nitya Krishinda Maheswari [Indonesia] vs  Vivian Kah Mun Hoo/ Khe Wei Woon [ Malaysia]

20.10 WIB:  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [Indonesia] vs  Chan Peng Soon/Goh Liu Yin [Malaysia]
21.20 WIB: Linda Wenifanetri [Indonesia] vs Vu Thi Trang [Vietnam]
00.40 WIB: Praveen Jordan/ Debby Susanto [Indonesia] vs  Zhang Nan/Zhao Yunlei [Tiongkok]

 

Foto oleh Yves Lacroix/Badminton Photo