Sirkuit Nasional
Home > Berita > Olimpiade Rio > [Olimpiade Rio 2016] Lee Chong Wei Gagal Untuk Ketiga Kalinya
23 Agustus 2016
[Olimpiade Rio 2016] Lee Chong Wei Gagal Untuk Ketiga Kalinya
 
 

Untuk ketiga kalinya Lee Chong Wei harus menahan diri untuk bisa membawa pulang medali emas Olimpiade. Tiga kali masuk final olimpiade, tiga kali pula ia tak bisa merebut sekalipun. Usaha pertama dilakukannya saat Olimpiade  Beijing 2008. Tampil pertama kali di partai final, pemain yang telah mendapat gelar Datok ini kandas di tangan Lin Dan. Kesempatan kedua kembali ia dapat saat Olimpiade London 2012. Namun, lagi-lagi Lin Dan membuyarkan harapannya untuk bisa membawa pulang medali emas. Lee Chong Wei kalah dari sang Super Dan.

Sabtu malam (20/8), pada usaha ketiganya, di babak final Olimpiade Rio 2016 kembali ia harus puas merebut medali perak. Usai bisa menaklukan Lin Dan, di babak semifinal, Lee Chong Wei berhadapan dengan pemain China Chen Long yang merupakan unggulan pertama. Sayang, usahanya kembali kandas dibabak puncak. Ia kalah bersaing dengan Chen Long dan lagi-lagi harus puas sebagai runner up.

Lee Chong Wei sebenarnya tampil apik di awal game pertama. ia bisa unggul di sampai interval dengan 11-8. Chen Long rupanya semakin lama semakin bisa mengeluarkan gaya permainannya. Berbekal serangan dan pertahanannya yang kuat ia bisa menyamakan kedudukan 14-14 dan akhirnya menang dengan 21-18.

Di game kedua, kedua pemain terbaik dunia saat ini tetap tampil dengan gayanya masing-masing. Hanya saja, Chen Long yang sudah lebih percaya diri lebih bisa menguasai keadaan. Ia meninggalkan sang datuk di penghujung game kedua dengan 20-16. Chen Long sempat khawatir, pasalnya sang Datuk sempat mendekat menjadi 20-18. Namun keberuntungan rupanya memang belum berpihak ke Lee  Chong Wei. Chen Long bisa menutup game kedua dengan 21-18 sekaligus berhak membawa pulang medali Emas ke negaranya.

Kegagalan Lee Chong Wei merebut medali emas membuat kontingen bulutangkis Malaysia gagal total. Tampil pada tiga nomor final, pemain-pemain Malaysia harus puas dengan hanya merebut tiga medali perak.