Turnamen Nasional
Home > Berita > OLIMPIADE RIO > [Olimpiade 2016] Tontowi/Liliyana Pun Juara Grup
13 Agustus 2016
[Olimpiade 2016] Tontowi/Liliyana Pun Juara Grup
 
 

Indonesia kembali berhasil mengirimkan wakil ke perempat final bulutangkis Olimpiade 2016. Setelah berhasil meloloskan wakil ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dengan status juara grup,  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pun sukses ikuti jejak peraih medali Asian Games 2014 itu.

Tontowi/Liliyana melakoni laga penentuan juara grup dengan berjumpa Chan Peng Soon/Liu Ying Goh pada Sabtu (13/8) malam. Pertarungan berlangsung ketat diawal game pembuka. Pasangan yang akrab disapa Owi/Butet sempat tertinggal diparuh awal game pertama, mereka tertinggal 9-11 di interval. Owi/Butet akhirnya berhasil menyamakan kedudukan diangka ke 13 tetapi kesalahan mereka dibayar dengan dua angka, 13-15.

Terlihat mengubah sedikit permainan dan memberikan lebih banyak variasi pukulan, Owi/Butet sukses tampil lebih menekan dan meraih delapan angka beruntun untuk menutup game pertama dengan 21-15.

Game kedua, Owi/Butet terlihat semakin percaya diri, sebaliknya pasangan Malaysia pun semakin tertekan. Angka demi angka berhasil dikumpulkan peraih gelar juara dunia dan All England ini untuk meninggalkan jauh Chan/Goh, 11-3 di interval. Owi/Butet pun tak lagi membiarkan Chan/Goh mengembangkan permainan, mereka menyudahi laga ini dengan 21-11.

Dengan kemenangan ini, Owi/Butet kokoh dipuncak klasemen grup C. Seperti halnya Greysia/Nitya, Owi/Butet pun berhasil lolos sebagai penyandang juara grup dan belum kehilangan satu game pun selama berlaga di Rio Centro Pavilion 4. Undian perempat final untuk sektor ganda sendiri akan digelar Sabtu (13/8) malam, atau Minggu (14/8) pagi waktu Indonesia.

Hasil pertandingan hari ketiga cabang olahraga bulutangkis Olimpiade bisa diakses di sini. (RI)

 

Foto oleh Yves Lacroix/Badminton Photo