Sirkuit Nasional
Home > Berita > SIRKUIT NASIONAL > Final Djarum Sirnas Regional VIII: PB Djarum Penuhi Target
06 Maret 2010
Final Djarum Sirnas Regional VIII: PB Djarum Penuhi Target
 
 

Perhelatan akbar bulutangkis nasional. Djarum Sirkuit Nasional Regional VIII Manado berakhir pada sabtu (6/3) malam waktu setempat. PB Djarum yang dipimpin oleh manajer tim, Sulaiman. Akhirnya berhasil menggondol enam gelar juara.

Gelar pertama dipersembahkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Febriani Endar Kusumawati. Gelar Juara Ganda Remaja Campuran berhasil mereka kantongi. Kevin/Febriani berhadapan dengan pasangan gado-gado, Pusdiklat Terpadu Blppn/PB Bandar Baru Batam, Abdul Muin/Nadya Aulia. Pertandingan ini berlangsung di lapangan tiga GOR Arie Lasut, Manado. Kevin/Febriani unggul tipis 22-20 di set pertama, dan menyelesaikan set kedua dengan 21-19.

Gelar kedua dipersembahkan oleh nomor Tunggal Dewasa Putri. Gelar juara ini bisa dipastikan sebelum pertandingan berakhir, karena yang berhadapan adalah sesama atlet putri PB Djarum. Rosaria Yusfin Pungkasari berhasil menekuk Maria Elfira Christina dengan dua set langsung, Rosaria menang 21-11 dan 21-8.

Erlina Kurnati berhasil mempersembahkan gelar juara Tunggal Pemula Putri. Ia berhasil mengalahkan juara Sirnas Bali tahun lalu, Made Deya Saraswati dari PBSI Bali. Kejar mengejar angka terus terjadi di sepanjang set pertama, namun Erlina berhasil mengatasi lawannya dan menutup set pertama dengan 21-18. Memasuki set kedua, saat Erlina unggul cukup jauh dengan 17-12. Ia sempat mengendor, dan membiarkan lawannya mendekat di 15-14. Tetapi Erlina tak membiarkan lawannya terus mengontrol pertandingan, ia berhasil membungkus set kedua dengan 21-17.

Juara Tunggal Taruna Putra dipersembahkan unggulan satu, Shesar Hiren Rhustavito. Vito, begitu ia biasa dipanggil. Berhasil menghapuskan harapan unggul tiga asal PB Surya Baja, Wisnu Yuli P. 21-15 dan 21-16.

Gelar terakhir malam ini bagi PB Djarum, berhasil diboyong oleh Ganda Taruna Putra. Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto. Menghadapi pasangan PB Jaya Raya Jakarta, Bayu Tri/Rivon Dalle, mereka bermain tanpa gentar. "Kunci kemenangan kami hari ini adalah rasa percaya diri untuk bisa menang, terus berdoa, dan tetap menjaga komunikasi di lapangan," ungkap Jordan dan Rangga. Ini merupakan gelar pertama mereka setelah mereka dipasangkan.

Sebelumnya, Jordan menang di Ganda Taruna Campuran di Sirnas Balikpapan bersama Gloria Emanuelle W, dan Rangga adalah pemegang tampuk juara Ganda Taruna Putra di PMS Solo Open bersama Faskal.

Sementara itu, lima finalis lainnya harus puas menjadi runner up. Diantaranya adalah Bandar Sigit Pamungkas, yang harus mengakui keunggulan Fauzi Adnan untuk yang ketiga kalinya. Bandar sempat unggul 21-17 di set pertama, namun di set kedua dan ketiga Bandar dipaksa mengikuti irama permainan Fauzi. Bandar menyerah 14-21 dan 9-21. "Saya tadi terlalu mengikuti permainan Fauzi," papar Bandar. Tambahan gelar lainnya diperoleh dari pasangan gado- gado dari PB Djarum, Rendra Wijaya yang berpasangan dengan Tri Kusumawardana (JRSN Surabaya) di nomor ganda dewasa putra yang mengalahkan Dwi Setiawan/ Yusuf Ahmad dengan skor 21-19, 21-19.

Hasil enam gelar juara ini lebih baik dari Sirnas lalu, pada Sirnas Balikpapan dua minggu lalu, PB Djarum mengantongi empat gelar juara. "Ini sudah memenuhi target kami," ungkap Sulaiman. Pasca Sirnas Manado ini, kemungkinan terbesar PB Djarum akan mengirimkan semua pasangan tertangguhnya di ganda putra untuk turun di turnamen ganda putra Chandra Wijaya yang akan digelar pada April mendatang, sebelum Sirnas Riau digelar.

Berikut Perolehan Hasil Tim PB Djarum di Sirnas Manado:

Juara:
1. Kevin Sanjaya Sukamulyo/Febriana Endar Kusumawati (ganda campuran remaja)
2. Rosaria Yusfin Pungkasari (tunggal dewasa putri)
3. Erlina Kurniati (tunggal pemula putri)
4. Shesar Hiren Rhustavito (tunggal taruna putra)
5. Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto (ganda taruna putra)
6. Rendra Wijaya/Tri Kusumawardana (JRSN Surabaya) (ganda dewasa putra)

Runner Up
1. Bandar Sigit Pamungkas (tunggal dewasa putra)
2. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Arya Maulana Aldiartama (ganda remaja putra)
3. Intan Dwi Jayanti (tunggal remaja putri)
4. Amal Ori Wibowo (tunggal remaja putra)
5. Maria Elfira Christina (tunggal dewasa putri)

Semi Finalis
1. Devi Yunita Indah Sari (tunggal pemula putri)
2. Dinar Dyah Ayustine (tunggal taruna putri)
3. Rendra Wijaya/Maria Elfira Christina (ganda campuran dewasa)
4. Syafitri Nur Azizah (tunggal remaja putri)
5. Febby Angguni (tunggal dewasa putri)
6. Engga Setiawan (tunggal dewasa putra)
7. Riyanto Subagja (tunggal dewasa putra)
8. Febriani Endar Kusumawati/Ristya Ayu Nuraheny (ganda remaja putri)
9. Deariska Putri Medita/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda taruna putri)
10. Hardi Yudha Satria/M Bayu Pangisthu (ganda remaja putra)
11. Febby Angguni/Rosaria Yusfin Pungkasari (ganda dewasa putri)