Sirkuit Nasional
Home > Berita > SIRKUIT NASIONAL > Jelang Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis Regional VIII Sulawesi Utara: Bandar Ingin Juara
02 Maret 2010
Jelang Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis Regional VIII Sulawesi Utara: Bandar Ingin Juara
 
 

Genderang perang untuk menjadi yang terbaik di Sirkuit Nasional (Sirnas) ke dua, siap ditabuh. Jeda satu minggu dari sirkuit sebelumnya membuat para atlet harus bertarung dengan waktu. Mengevaluasi hasil lalu, serta mempersiapkan untuk pertarungan berikutnya.

Kota kedua dari sembilan rangkaian sirnas ini adalah Manado. Kota eksotis di utara Sulawesi yang terkenal dengan Pulau Bunaken-nya siap dipanaskan dengan sekitar 708 pertandingan yang akan digelar dari Selasa (2/3) hingga Sabtu (6/3).

Bandar Sigit Pamungkas, semifinalis Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis Regional VII di Balikpapan, 16 - 20 Februari telah melakukan banyak persiapan. "Saya meningkatkan performa fisik. Faktor fisik ini yang terlihat agak mempengaruhi performa saya di Balipapan. Mudah-mudahan dengan meningkatnya daya dukung fisik saya akan lebih maksimal," Bandar menerangkan.

Selain mengembalikan kinerja fisiknya, Bandar yang akan turun di kelompok tunggal putra dewasa juga mengevaluasi teknik dan strategi bermain yang dianggapnya perlu ditingkatkan untuk menggapai targetnya menggenggam gelar juara. "Saya akan meminimalkan kesalahan sendiri (unforced error). Inilah yang saya kira menjadi penyebab kurang maksimalnya performa di Balikpapan," urai Bandar seperti yang dilansir siaran pers Sirnas kedua ini kemarin (28/2).

Seperti halnya Bandar, Juara Ganda Taruna Campuran dari PB Djarum, Gloria E.W/Praveen Jordan siap untuk melanjutkan performa maksimal mereka. Target yang sama ingin mereka capai. Menjadi yang terbaik di kelasnya dan melanjutkan kemenangan di rangkaian Sirnas.

Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berhasil merengkuh gelar juara di Ganda Remaja Putra tak ingin ketinggalan, meskipun akan berpasangan dengan pasangan baru, tapi ia optimis untuk bisa merebut gelar juara di kelasnya. "Targetnya ya ingin menang lagi," paparnya penuh percaya diri. Di Sirnas kedua ini, Kevin akan berpasangan dengan Arya Maulana.

Beberapa nama yang batal hadir di Sirnas lalu, terkait seleksi nasional (Seleknas) kali ini akan ikut memanaskan suasana GOR Arie Lasut, arena yang akan menjadi saksi hadirnya para juara seri II sirnas 2010 ini. Sebut saja, Nurbeta Kwanrico, Cisita Joity Jansen, Didit Juang Indriarto, Seiko Wahyu Kusdianto dan beberapa nama lainnya akan menjadi batu sandungan bagi lawan-lawannya. Mereka pun siap untuk berusaha menjadi yang terbaik di pertarungan yang akan dimulai esok (2/3).

Berikut daftar atlet PB Djarum yang turun di Sirnas kedua kali ini.

Fakta Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis Regional VIII Sulawesi Utara

Ketua Panitia turnamen yang juga Sekretaris Umum PBSI Sulawesi Utara Alexander Daud menjelaskan dampak turnamen Djarum Sirkuit Nasional di Manado sangat besar dalam menumbuhkan bulutangkis di Sulut. "Apalagi kelak Manado akan menjadi tempat pelatnas desentralisasi sehingga banyak atlet dari kawasan timur Indonesia yang tergerak mempertunjukkan kebolehannya," ujar Daud.

Menurut Daud, turnamen akan diikuti 65 klub dari 17 Pengprov PB PBSI dimana 20 di antaranya merupakan klub lokal seperti Wailan Mando, Bayangkhara Manado, Elang Sakti Tondano, PB Loku Dolaangmangondow, dan di antaranya juga diikuti pemain dari klub Tisok. Klub terakhir ini pernah melahirkan nama besar Liliana Natsir yang turun di ganda campuran dan ganda putri di tim nasional bulutangkis.

"Manado akan menjadi sentra bulutangkis bagi Kalimantan, Sulawesi sendiri, Maluku, dan Papua. Tentu ini akan mengikis kesenjangan dengan percepatan dan kemajuan bulutangkis di Pulau Jawa," urai Alexander Daud.

Yan Haryadi mewakili PT. Djarum selaku sponsor utama menegaskan bahwa rangkaian Djarum Sirkuit Nasional merupakan proyek strategis bagi Indonesia untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis negeri ini di kancah internasional. "Dari kerasnya persaingan di pentas nasional ini akan menjadi kawah candra dimuka dan ajang penempaan bagi atlet-atlet bulutangkis yang kelak kita harapkan akan menjadi tulangpunggung kekuatan bulutangkis nasional," tegas Yan seperti yang dilansir siaran pers Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis Regional VIII.