Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Paralimpiade Tokyo 2020] Hary/Leani Persembahkan Medali emas
05 September 2021
[Paralimpiade Tokyo 2020] Hary/Leani Persembahkan Medali emas
 
 

Indonesia semakin berkibar di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga bultuangkis kembali menjadi lumbung medali bagi kontingen Indonesia yang berjuang di Tokyo, Jepang. Setelah pasangan ganda putri SL3-SU5 Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah sukses menyabet medali emas, hari ini (5/9) pasangan ganda campuran Hary Sutanto/Leani Ratri Oktila menambah perbendaharaan medali emas bagi Indonesia.

Hary/Leani meraih medali emas kedua bagi Indonesia setelah menang di babak final dari ganda asal Prancis Lucas Mazur/Faustine Noel. Di game pertama kedua pasangan berjuang mati-matian menjaga lapangannya. Perburuan angka pun sampai harus adu setting setelah keduanya mencapai angka sama 20-20. Beruntung Hany/Leani bisa menutup game pembuka dengan angka tipis 23-21.

Di game kedua pertandingan juga kembali berjalan sengit. Tetapi ganda Indonesia sudah siap dengan pola permainan yang dikembangkan lawan. Berbekal kemenangan 21-17 di game kedua, Hary/Leani merebut emas bagi kontingen Indonesia. Medali perunggu jatuh ke tangan pasangan Jepang Daisuke Fujihara/Akiko Sugino yang mengalahkan ganda asal India Pramod Bhagat/Palak Kohli.

Leani menjadi pemain yang sukses meraih tiga medali sekaligus. Dua di antaranya bahkan medali emas. Leani hanya gagal merebut medali emas dari sektor tunggal putri. Ia harus puas mendapatkan medali perak usai dihentikan oleh pebulutangkis dari Tiongkok, Chen Hefang.

Dengan keberhasilan menambah satu keping medali emas membuat kontingen Indonesia sejauh ini sudah sudah mengumpulkan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. Posisi Indonesia sampai hari ini masih ada di urutan 43. Sementara itu kontingen dari Tiongkok semakin perkasa berada di urutan pertama.

Sumber foto: Reuters/Athit Perawongmetha