Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Macau Open Grand Prix Gold 2012] Lima Tunggal Putra Lolos Ke Babak Kedua
28 November 2012
[Macau Open Grand Prix Gold 2012] Lima Tunggal Putra Lolos Ke Babak Kedua
 
 

Sebanyak lima tunggal putra Indonesia berhasil melewati babak pertama kejuaraan Macau Open Grand Prix Gold 2012 kemarin (27/11). Tiga diantara lima tunggal putra yang lolos ke babak kedua berasal dari klub PB Djarum.

Dionysius Hayom Rumbaka membawa nama Indonesia ke babak kedua. Mengawali pernampilan perdana pada kejuaraan berhadiah total US$ 120.000,- Hayom sukses merebut kemenangan dari Choi Young Woo, pemain Korea Selatan yang lolos dari babak kualifikasi. Hayom tak menemui kesulitan untuk saat bermain di lapangan dan menang dua game 21-17, 21-7.

Pemain muda Indonesia, Riyanto Subagja juga mengawali permainan di babak pertama dengan baik. Tsai Meng Jui, pemain kualifikasi asal Chinese Taipei ditaklukkannya dengan 21-14, 21-16.

Andre Kurniawan Tedjono yang menempati unggulan ke-14, tak mau kalah. Berjumpa dengan tunggal putra Chinese Taipei lainnya, Wan Chia Hsin, Andre pun menang dengan straight game 21-14, 21-12.

Taufik Hidayat sempat harus bermain ekstra ketat, terutama di  game pertama untuk bisa menaklukkan Chu Han Chou. Pemain China Taipei ini di luar dugaan mampu mengajak Taufik bermain ketat di game pembuka. Taufik harus mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk bisa menang di game pertama setelah melewati deuce 23-21. Di game kedua, Taufik mampu menguasai permainan dan menang dengan 21-16.

Wisnu Yuli Prasetyo menjadi satu-satunya pemain Indonesia memenangi pertandingan dengan rubber game. Ng Ka Long, pemain Hongkong yang ikut tampil di kejuaraan Dunia Yunior lalu, bermain ngotot dan sempat mencuri game kedua dengan 21-16. Wisnu yang sempat menjadi semifinalis pada kejuaraan Chinese Taipei Open 2012, mengambil kemenangan di game pertama dengan 21-18 dan game ketiga dengan 21-16.

“Hari ini saya masih adaptasi dengan lapangan. Saya sempat kehilangan game kedua karena permainan saya lebih lambat, pada game ketiga saya mempercepat permainan lagi seperti game pertama,” ujar Wisnu seperti yang di utarakan pada website resmi PB PBSI.

Sayangnya dua pemain tunggal putra Indonesia akan saling berhadapan di babak kedua. Wisnu harus bertemu dengan Dionysius Hayom Rumbaka. Hayom hanya berkomentar pendek saat di tanya calon lawannya. “Soal besok lihat di lapangan saja, bertemu teman sendiri sudah tahu permainannya,” komentarnya. Pada pekan olah raga 2012 lalu, Hayom sempat menang dari Wisnu. Hanya saja Hayom harus bermain tiga game sebelum akhirnya menang.

Riyanto Subagja di babak kedua,  akan bertemu pemain yang masuk dalam daftar unggulan. Vladimir Ivanov asal Rusia yang menempati unggulan kesebelas akan di hadapi oleh Riyanto. Taufik Hidayat juga akan bertemu dengan pemain Rusia lainya, Ivan Sozonov. Pertandingan seru akan dimainkan oleh Andre Kurniawan Tedjono di babak kedua. Pertandingan kali ini akan menjadi penentu keunggulan Andre dari lawannya Tanongsak Saensomboonsuk. Dua kali Andre sudah bertemu dengan pemain Thailand berperingkat enam puluh satu ini. Saat ini Andre masih berbagi kemenangan 1-1. Kemenangan Andre, di dapat pada pertemuan terakhir mereka.

Kekalahan di alami dua tunggal putra Indonesia. Alamsyah Yunus dan Tommy Sugiarto yang masuk dalam deretan unggulan tak berdaya menghadapi lawan-lawannya. Alamsyah kalah dari Srikanth K asal India dengan 10-21, 18-21 sementara Tommy Sugiarto menyerah dari Teng Shih Hua (TPE) dengan kedudukan akhir 19-21, 21-11, 19-21. (AR)