Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Teknik Latihan Bulutangkis] Calf Raises
01 Februari 2022
[Teknik Latihan Bulutangkis] Calf Raises
 
 

Kaki menjadi bagian tubuh yang juga penting dalam olahraga bulutangkis. Salah satu bagian kaki yang juga perlu mendapat perhatian adalah betis. Salah satu metode latihan untuk memperkuat betis adalah dengan Calf Raises. Metode latihan ini berfungsi untuk menguatkan otot gastrocnemius. Saat latihan ini dilakukan, terjadi gerakan bersamaan pada kedua tungkai kaki.

Cara melatih Calf Raises sangat mudah. Hanya membutuhkan ketinggian yang cukup dengan bantuan alat tambahan seperti balok atau anak tangga. Untuk memulai latihan, berdirilah dengan posisi kaki berjijit. Usahakan lutut pada posisi lurus dan terkunci. Angkat tumit kaki kiri dan kanan, dengan tetap menjaga keseimbangan tubuh. Dalam posisi lutut naik, tahan sebentar lalu kemudian turunkan tumit. Ulangi kembali gerakan-gerakan tersebut,

Hal yang yang perlu diperhatikan adalah jangan biarkan punggung kita membungkuk pada saat latihan. Juga jangan menekuk lutut dan hindari memundurkan pinggul. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, latihan ini dapat juga diakukan dengan menggunakan alat tambahan dengan dudukan yang ditumpukan pada bahu. Sesuaikan dengan kebutuhan beban pada alat tambahan. Lakukan sebanyak 3 set dan 10 kali repetisi (pengulangan). (AR)