Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hong Kong Open Super Series 2012] Andre Kurniawan Tembus Babak Utama
21 November 2012
[Hong Kong Open Super Series 2012] Andre Kurniawan Tembus Babak Utama
 
 

Turnamen Hong Kong Open Super Series 2012 sudah mulai berlangsung sejak kemarin (20/11). Seperti halnya di turnamen yang di gelar Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) lainnya, hari pertama ini diwarnai dengan perebutan tiket ke babak utama. Indonesia sendiri akhirnya berhasil menambahkan dua wakilnya untuk berlaga di babak utama, satu tunggal putra dan satu tunggal putri.

Andre Kurniawan Tedjono yang merupakan wakil dari PB Djarum, berhasil meraih satu tiket ke babak utama usai meraih dua kemenangan di partai kualifikasi kemarin. Di babak pertama, Andre berhasil mengalahkan pebulutangkis Rusia, Ivan Sozonov. Ia berhasil menang dua game langsung 21-13 dan 21-9.

Di final kualifikasi, Andre berhadapan dengan tunggal Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk. Melawan pemain bertangan kidal itu, Andre harus bermain tiga game. Andre kehilangan game pertama, dimana ia kalah tipis 19-21. Sepertinya di game pertama Andre masih belum bisa mengendalikan jalannya pertandingan karena dua game berikutnya. Atlet yang cukup dikenal karena teriakannya yang membahana di arena mampu memenangkan dua game berikutnya dengan skor cukup telak. Ia menang 21-10 dan 21-14.

Indonesia sendiri meloloskan satu wakil lainnya yakni atlet tunggal putri Pelatnas, Belaetrix Manuputty. Atlet yang dibesarkan PB Jaya Raya ini meloloskan diri ke babak utama dengan menaklukkan Ngan Yi Cheung di babak pertama kualifikasi dengan 21-18 dan 21-18. Sementara di final kualifikasi, Bela berhasil menyingkirkan atlet muda Jepang yang juga merupakan juara dunia junior 2012, Nozomi Okuhara. Kalah telak 6-21 di game pertama, Bela mampu bangkit dan merebut dua game berikutnya dengan 21-16 dan 21-18.

"Di game pertama permainan saya tidak terlalu keluar, barulah di game kedua saat interval saya berfikir bahwa lawan juga bisa mati sendiri, dia juga kelihatan mulai panik. Dari sini saya mulai lebih yakin. Saya juga banyak menekan dari permainan net, sepertinya ini menyulitkan dia," ujar Bela mengungkap rahasia kemenangannya pada pb-pbsi.org.

Di babak pertama yang akan digelar hari ini (21/11), Andre akan langsung berhadapan dengan unggulan dua, Chen Long sementara Bela akan ditantang oleh juara Kejuaraan Asia Junior (AJC) Shindu Pusarla Venkata dari India. (IR)

Sumber foto (2): pb-pbsi.org