Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Leo/Daniel Cetak Dua Gelar di Tahun 2023
31 Desember 2023
Leo/Daniel Cetak Dua Gelar di Tahun 2023
 
 

Tahun 2023 menjadi pasang surut prestasi ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Catatan terbaik dari sang juara BWF World Junior Champhionships 2019 adalah mencetak dua gelar di awal tahun 2023. Selain itu mereka juga sempat menjadi finalis, semifinalis dan perempat finalis di berbagai kejuaraan.

Karir Leo/Daniel melejit di awal tahun 2023. Pasangan yang mendapat julukan “The Babies” ini unjuk gigi di dalam negeri. Leo/Daniel membuka lembaran 2023 dengan menyabet gelar juara Daihatsu Indonesia Masters 2023. Usai mendepak ganda ulet Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak semifinal, Leo/Rolly menghentikan ambisi ganda China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong pada babak final.

Kisah sukses Leo/Daniel berlanjut. Usai menjadi juara dari turnamen dengan level BWF World Tour Super 500 yang berlangsung di Jakarta, Leo/Daniel kembali menjadi yang terbaik di kejuaraan Princess Sirivannavari Thailand Masters 2023. Di kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 300 yang digelar di Bangkok, Thailand, Leo/Daniel membungkam ganda asal Taiwan, Su Ching Heng/Ye Wong Wei pada babak puncak.

Di kejuaraan besar seperti All England 2023 langkah Leo/Daniel terhenti di tangan pasangan dari China, Liang Weng Keng/Wang Kang lewat pertandingan rubber game. Hal yang sama juga diderita Leo/Daniel di kejuaraan Kapal Api Indonesia Open 2023. Mereka gagal menembus kekuatan ganda utama Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dihadapan publik Istora juga dengan pertandingan yang sangat ketat. Di dua turnamen besar lainnya seperti KFF Singapore Open 2023 dan Li Ning China Masters 2023, Leo/Daniel juga terhenti di babak yang sama.

Sedikit lebih baik, Leo/Daniel mampu menembus babak empat besar di dua kejuaraan dengan level yang berbeda. Orleans Masters Badminton 2023 presented by Victor serta Perdua Malaysia Masters 2023 presented by Daihatsu menempatkan Leo/Daniel sebagai semfinalis.

Pada bulan September 2023, Leo/Daniel menambah panjang daftar prestasi. Menjadi runner up bisa mereka capai pada turnamen Victor Hong kong Open 2023. Mereka dikalahkan oleh ganda Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen pada babak final dalam drama tiga game.

Sayangnya, dari prestasi yang telah dibuat selama tahun 2023 belum cukup membawa mereka lolos pada kejuaraan penutup akhir tahun yakni BWF World Tour Final 2023 yang berlangsung di Hangzhou, China. Leo/Daniel kalah bersaing dari rekannya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (AR)